Ingin Miliki Keturunan, Calon Ayah dan Ibu Wajib Perhatikan Hal Berikut

- Rabu, 16 Maret 2022 | 19:15 WIB
Ilustrasi Prenagent (megan lynette)
Ilustrasi Prenagent (megan lynette)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Setiap pasangan yang baru menikah tentu salah satu hal yang sering menjadi bahan pertimbangan dalam kehidupan adalah ingin memiliki momongan atau keturunan.

Memiliki momongan tentu harus dibarengi dengan kesiapan mental kedua pasangan untuk menjadi calon ayah dan calon ibu.

Namun kesiapan mental sering diabaikan oleh sebahagian besar calon orang tua ketika nantinya telah memiliki anak yang mengakibatkan terkadang keduanya menjadi depresi akibat tidak siap mental.

Dikutip dari Okezone, seorang Psikolog Klinis dan Relationship Expert, Inez Kristanti menyebutkan bahwa kesiapan psikologi menjadi hal yang terpenting bagi suami dan istri ketika memiliki rencana kehamilan dan pasca persalinan.

Ketidaksiapan mental orangtua pun akan berpengaruh dengan bagaimana cara mereka mendidik anaknya.

Baca Juga: Produksi Beras di Riau Capai 124.800 Ton

"Terkadang kita masih sering kurang memperhatikan kesiapan psikologis. Menjadi orangtua itu merupakan sebuah tanggung jawab, kadang-kadang kita juga tidak pernah memperhatikan apa saja yang perlu dihadapi orangtua," ujar Inez.

Dengan memiliki kesiapan mental, bisa membuat orangtua menjadi matang dalam segi pemikiran dan juga apabila dibarengi dengan persiapan psikologis yang matang dapat mencegah post partum depression atau baby blues bagi seorang ibu yang baru melahirkan.

"Baby blues ini cukup banyak dialami tapi versi lebih ekstremnya itu adalah post partum depression. Ini bisa berkurang dengan mengantisipasi dan mempersiapkan diri dengan baik bagi ibunya," ungkapnya.

Disisi lain, seorang ayah juga dapat mengalami masalah dalam kesehatan jiwa jika dari sisi psikologis tidak siap, serta apabila ditambah dengan masalah finansial dapat membuat diri mengalami stres.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Okezone

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X