Berikut Ini Ragam Manfaat Kunyit Dijadikan Jamu bagi Kesehatan Wanita

- Senin, 14 Maret 2022 | 16:01 WIB
Intip, Keragaman Manfaat Kunyit Dijadikan Jamu  bagi Kesehatan Wanita  (Pixabay.com)
Intip, Keragaman Manfaat Kunyit Dijadikan Jamu bagi Kesehatan Wanita (Pixabay.com)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Indonesia terkenal memiliki beragam ramuan jamu yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari beragam penyakit. Salah satu minuman kesehatan yang terbuat dari bahan-bahan alami ini adalah kunyit.

Jika mendengar kata kunyit pasti langsung terbayang minuman berwarna oranye pekat dengan rasa asem manis yang menyegarkan. Jamu dengan rasa yang mudah diterima oleh hampir setiap orang ini dibuat dari bahan dasar kunyit dan asam jawa.

Terdapat berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan wanita, mulai dari membantu meredakan nyeri haid hingga meredakan gejala depresi. Nah, berikut adalah penjabarannya, yaitu:

Baca Juga: Sedang Diet? Lakukan Dengan Cerdas Memilih Jenis Cemilan yang Sehat untuk Diet Sukses

1. Mengempiskan perut kembung

Kurkumin membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Kuyit juga sekaligus membantu lambung menghentikan produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung.

2. Menurunkan berat badan

Kurkumin kunyit berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih.

Namun, lagi-lagi manfaat kunyit ini bisa Anda peroleh jika mengombinasikannya dengan asam jawa. Sebab dikonsumsi sendiri, kunyit lambat diserap ke dalam darah tapi lebih cepat dipecah oleh hati sehingga tubuh tidak merasakan banyak manfaatnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Punya Kulit Wajah Sehat!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:30 WIB

5 Hewan Peliharaan Ini Dipercaya Ampuh Atasi Stres

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:44 WIB

Potensi Penyakit Jantung Koroner, Deteksi Dini

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:56 WIB

Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:35 WIB
X