Jangan Panik! Berikut Tips Mengompres Bayi saat Demam Tinggi

- Senin, 14 Maret 2022 | 13:12 WIB
Jangan Panik! Berikut Tips Mengompres Bayi Yang Sedang Demam Tinggi Di Rumah (Pixabay.com)
Jangan Panik! Berikut Tips Mengompres Bayi Yang Sedang Demam Tinggi Di Rumah (Pixabay.com)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Demam tinggi pada bayi sering kali membuat orang tua khawatir. Apalagi para orangtua baru, tidak sedikit orang tua panik yang langsung tergesa-gesa membawa bayinya ke dokter saat demam. Padahal, demam pada bayi tidak selalu berbahaya dan bisa ditangani secara mandiri di rumah.

Pada dasarnya, demam merupakan suatu pertanda bahwa tubuh bayi sedang melawan penyakit atau infeksi. Munculnya demam ini dianggap sebagai bukti bahwa sistem kekebalan tubuhnya bekerja dengan baik. Bayi dapat dikatakan demam bila suhu tubuhnya mencapai 38 derajat Celsius atau lebih.

Menurut kacamata medis, cara menurunkan panas dengan kompres dingin kurang tepat. Nah jika si Kecil demam, beginilah cara mengompres bayi yang sedang panas.

Baca Juga: Perlu Tahu! Berikut Cara Mencegah Demam Berdarah Pada Anak Disertai Pemberantasan Sarang Nyamuk Cara 3M Plus

1. Gunakan kompres air hangat

Cara mengompres bayi yang benar ketika demam adalah dengan menggunakan air suam kuku. Menurut penelitian yang diterbitkan Enfermería Clínica, pemberian kompres hangat terbukti lebih efektif untuk menurunkan suhu akibat demam.

Studi ini menjelaskan, pemberian kompres bayi dengan air hangat mampu membuat pembuluh darah dan pori-pori kulit melebar (vasodilatasi). Kompres hangat juga mampu mendinginkan suhu tubuh dengan membiarkan si Kecil berkeringat. Alternatifnya, Anda bisa memandikan atau menyeka Si Kecil dengan air hangat.

2. Taruh kompres di lipatan tubuh

IDAI menyarankan kompres sebaiknya jangan diletakkan di dahi, Kompres air hangat akan lebih efektif bila ditaruh di ketiak dan lipatan selangkangan. Lakukan cara mengompres bayi dengan memberikan kompres hangat ini selama 10 hingga 15 menit.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X