Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Pekanbaru Resmikan Pelayanan Kateterisasi dan Teropong Jantung

- Kamis, 17 Februari 2022 | 11:52 WIB
Foto bersama acara launching pelayanan kateterisasi jantung dan angiografi (Catch Lab)Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Pekanbaru (Eka/HRC)
Foto bersama acara launching pelayanan kateterisasi jantung dan angiografi (Catch Lab)Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Pekanbaru (Eka/HRC)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Pekanbaru mengadakan peresmian sekaligus launching pelayanan kateterisasi jantung dan angiografi (Catch Lab) atau yang lebih dikenal sebagai kateter dan teropong jantung pada Rabu, 16 Februari 2021.

Pelayanan ini dapat menjadi salah satu pilihan masyarakat Riau, khususnya Pekanbaru yang mengalami penyakit jantung.

Adapun pasien yang dapat menerima pelayanan ini adalah mereka dengan nyeri dada yang disebabkan oleh sakit jantung. Sebelum menjalani tindakan ini, pasien harus menjalani pemeriksaan dan direkomendasikan oleh spesialis jantung.

Dokter yang menjadi pelaksana tindakan ini adalah dr. Irwan, Sp.JP(K)-FIHA, yang merupakan dokter ahli intervensi/tindakan jantung senior yang ada di Provinsi Riau.

Baca Juga: Kembali, Gubernur Riau Syamsuar Positif Covid-19

Tindakan ini membantu mendiagnosa kondisi jantung, seperti penyakit arteri koroner, katup jantung yang rusak, cacat jantung bawaan dan memberikan informasi mengenai kekuatan otot serta fungsi pemompaan jantung. Apabila dokter melihat terdapat pembuluh darah yang tersumbat, maka dokter jantung dapat memasang stent agar pembuluh darah pasien tetap lebar.

Direktur RSI Ibnu Sina, dr. Tryanda Ferdyansyah, berharap agar pelayanan Cath Lab yang merupakan salah satu pelayanan unggulan di RSI Ibnu Sina dapat menjadi pilihan warga Riau, khususnya Pekanbaru agar dapat menerima tindakan pertolongan untuk kondisi jantung dengan tepat.

Hal ini mengingat bahwa hampir 25% masyarakat Indonesia mengalami sakit jantung dan 18 ribu kasus baru dari sakit jantung terjadi setiap tahunnya, sedangkan jumlah pelayanan Cath Lab yang ada di Riau masih terbatas.

RSI Ibnu Sina selalu berupaya melihat kebutuhan kesehatan masyarakat dan menghadirkan pelayanan-pelayanan terbaik dengan konsep muslim friendly.

Baca Juga: Polsek Keritang Berhasil Amankan Pedagang Sabu Asal Desa Kotabaru Seberida

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Punya Kulit Wajah Sehat!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:30 WIB

5 Hewan Peliharaan Ini Dipercaya Ampuh Atasi Stres

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:44 WIB

Potensi Penyakit Jantung Koroner, Deteksi Dini

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:56 WIB

Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:35 WIB
X