Pusat Medis Universitas Maryland di Baltimore Lakukan Transplantasi Jantung Babi ke Manusia

- Kamis, 13 Januari 2022 | 08:21 WIB
Ilustrasi (QuinceCreative on Pixabay)
Ilustrasi (QuinceCreative on Pixabay)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN -Dunia kedokteran kembali berikan terobosan terbarunya untuk mengatasi keterbatasan donor organ.

Baru-baru ini, sekelompok doketer di Pusat Medis Universitas Maryland di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Jumat (7/1/2022) berhasil melakukan transplantasi jantung babi ke tubuh manusia.

Pasien pertama yang melakukan transplantasi jantung tersebut adalah David Bennett (57 tahun).

Sebelumnya, Ia menderita sakit jantung yang parah. Berkat transplantasi organ jantung babi tersebut, dia selamat dari kematian.

Baca Juga: Gelar Anev, Kapolri Instruksikan Jajaran Jangan Enggan Temui Warga dan Jaga Kepercayaan Publik

Proses transplantasi ke tubuh Bennett dimulai dari memodifikasi jantung babi terlebih dahulu secara genetik ke wadah steril.

Tim dokter mengatakan, operasi tersebut diklaim sukses lantaran tidak ada penolakan dari tubuh Bennett dan keberhasilan ini menjadi yang pertama kalinya dalam ilmu kedokteran.

Untuk memastikan bahwa transplantasi tersebut benar-benar berhasil, pihak kedokteran setempat terus memantau kondisi kesehatan Bennett hingga hari ini.

Keberhasilan ini tak pelak menjadi angin segar asa bagi masa depan dunia medis, yang mana selama ini masalah penyakit jantung sulit ditangani karena sulit untuk memindahkan jantung seseorang ke tubuh orang lain.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X