Hati-Hati Gangguan Kesehatan, Kenali 10 Penyakit Ini Ditandai dengan Keringat Dingin

- Selasa, 21 Desember 2021 | 17:00 WIB
10 Penyakit Ditandai Keringat Dingin (Ayu Wiharyati)
10 Penyakit Ditandai Keringat Dingin (Ayu Wiharyati)

HALUANRIAU.CO, TIPS - Tidak sedikit orang yang masih beranggapan bahwa keringat dingin sama dengan keringat biasa. Padahal, keringat dingin bukanlah kondisi yang dapat dianggap remeh, karena bisa menjadi tanda adanya penyakit.

Berkeringat adalah kondisi yang umum terjadi sebagai bentuk mekanisme alami tubuh untuk mendinginkan diri. Namun, berbeda dengan keringat biasa, keringat dingin bukan disebabkan oleh cuaca panas atau aktivitas fisik, melainkan faktor psikis seperti panik, stres, dan tegang.

berkeringat dingin muncul akibat kondisi lain yang menghambat oksigen atau peredaran darah ke seluruh tubuh. Kondisinya bisa berkisar ringan sampai parah. Ini kondisi yang ditandai dengan timbulnya keringat dingin:

Baca Juga: WNA di Padang Cabuli Bocah Perempuan di Bawah Umur

1. Syok

Syok terjadi ketika tubuh bereaksi terhadap lingkungan yang ekstrem atau cedera parah. Ketika tubuh mengalami syok, organ-organ tidak menerima oksigen atau darah sebanyak yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh.

Hal yang diwaspadai adalah syok yang berlangsung terlalu lama berisiko melukai organ-organ tubuh. Kondisi tersebut ditandai dengan kulit memucat, pernapasan cepat, pupil melebar, pusing, lemah, dan muntah.

2. Stres

Stres atau kecemasan bisa dipicu oleh berbagai hal. Umumnya, stres dapat disebabkan karena tanggung jawab yang berlebihan di rumah, di tempat kerja atau di sekolah. Sama seperti syok, stres juga memicu keringat dingin akibat oksigen yang akan masuk ke otak terhambat. Jika kamu mengalami stres, segera ditangani karena stres dapat memicu masalah kesehatan.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X