Cegah Mulai Sekarang! 8 Penyebab Makanan dan Minuman Yang Dapat Merusak Gigi Pada Si Kecil

- Selasa, 21 Desember 2021 | 16:00 WIB
Penyebab Merusaknya Gigi Anak (Ayu Wiharyati)
Penyebab Merusaknya Gigi Anak (Ayu Wiharyati)

HALUANRRIAU.CO, TIPS - Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, apalagi terkait kesehatan.

Menjaga kesehatan gigi balita ternyata tidak cukup hanya dengan menyikat gigi dua kali dalam sehari lho, Moms. Usaha Moms bisa sia-sia kalau masih saja sembarangan memberikan minuman atau makanan merusak gigi balita.

Agar balita terhindar dari berbagai masalah gigi seperti bolong atau menghitam, American Academy of Pediatric Dentistry merekomendasikan setiap orang tua untuk membatasi konsumsi beberapa jenis makanan yang dapat merusak gigi balita 

Moms perlu tahu makanan yang dapat merusak gigi anak itu apa saja. Dengan begitu, Moms bisa membiasakannya untuk menghindari makanan tersebut. Berikut makanan yang dapat merusak gigi anak!

Baca Juga: Sebenarnya Kapan Waktu Terbaik Berolahraga? Ini Fakta yang Perlu Kamu Ketahui!

1. Makanan Manis

Makanan manis biasanya lengket dan mudah menempel di celah gigi. Mikroorganisme yang secara alami hidup di mulut mengubah gula menjadi asam. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan gigi, karena asam dapat mengikis email gigi.

2. Minuman Manis

Bukan hanya makanan manis, minuman manis juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Minuman manis tinggi asam dan gula. Mungkin Mums berpikir bahwa jus buah adalah alternatif minuman manis yang lebih sehat. Namun, jus buah juga mengandung asam dan gula, sama halnya dengan minuman olahraga.

Mums sebaiknya membiasakan si Kecil minum air putih. Selain mencegah kebiasaan mengonsumsi minuman manis, air putih juga mengandung fluoride, yang dapat membantu mencegah gigi berlubang. Susu rendah lemak juga alternatif minuman yang baik untuk anak.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: orami.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X