Perlu Tahu! 5 Jenis Premarital Check Up yang Perlu Dilakukan Calon Suami Istri Sebelum Menikah

- Jumat, 17 Desember 2021 | 13:00 WIB
5 Jenis Premarital Check Up  (pixabay)
5 Jenis Premarital Check Up (pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Ada banyak hal yang mesti dipersiapkan oleh sepasang kekasih ketika akan melangsungkan pernikahan. Bukan hanya soal mental dan finansial, mereka juga perlu memperhatikan masalah kesehatan.

Oleh sebab itu, setiap pasangan yang hendak menikah dianjurkan untuk melakukan sejumlah pemeriksaan kesehatan atau premarital check up.

Premarital check up adalah serangkaian tes kesehatan yang dilakukan sebelum menikah untuk mengetahui kondisi kesehatan calon suami istri.

Menjalani tes kesehatan sebelum menikah juga penting untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan genetik, penyakit keturunan, maupun infeksi menular tertentu yang diidap calon pengantin, dan bagaimana pengaruhnya pada kesehatan di masa tua, kesuburan dan kemampuan hamil, serta pengaruhnya pada garis keturunan selanjutnya.

Mengetahui kondisi kesehatan masing-masing dapat membantu Anda berdua mencegah terjadinya masalah kesehatan pada diri sendiri, pasangan, maupun keturunan di masa depan guna membangun keluarga yang lebih baik dan sejahtera.

Lantas, apa saja tes kesehatan yang harus dilakukan sebelum menikah?

Baca Juga: Tujuh Kecamatan di Pekanbaru Masih Zona Kuning Sebaran Covid-19

Bagaimana dengan jenis tesnya? Jenis pemeriksaan pranikah sebetulnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan pasangan. Namun, berikut adalah rangkaian ideal tes kesehatan sebelum menikah yang direkomendasikan Kemenkes :

1. Pemeriksaan fisik dasar

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Penting! 5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Jumat, 1 Juli 2022 | 23:59 WIB
X