Kenali Ragam Penyakit Diakibatkan Duduk Terlalu Lama, dari Jantung hingga Kolestrol

- Jumat, 17 Desember 2021 | 15:00 WIB
Ragam Penyakit Akibat Duduk Terlalu Lama (mstar)
Ragam Penyakit Akibat Duduk Terlalu Lama (mstar)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Duduk merupakan aktivitas umum saat bekerja, bersosialisasi, belajar, atau dunia. Duduk penting untuk mengistirahatkan tubuh setelah berdiri cukup lama. Tapi, aktivitas yang mengharuskan duduk dalam waktu lama dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Tak jarang, seseorang harus duduk sangat lama. Bahkan pekerja kantoran bisa duduk hingga lebih dari 8 jam sehari. Bagi Anda yang bekerja atau beraktivitas yang mengharuskan duduk dalam waktu lama, penting untuk mengubah pola aktivitas ini.

Duduk terlalu lama dengan beberapa kondisi kesehatan. Aktivitas tersebut tidak berbahaya, tapi jika terus dilakukan ini dapat mematikan. Waktu duduk sangat berkorelasi dengan sindrom metabolik, diabetes, obesitas, hipertensi, peningkatan trigliserida, dan penurunan kolesterol HDL.

Pekerjaan yang dilakukan dengan duduk terlalu lama ditambah dengan pola makan yang salah dan kurangnya olahraga dapat menimbulkan risiko berbagai penyakit. Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang terjadi jika duduk terlalu lama:

Baca Juga: Jangan Tidur Siang Jika Alami Kondisi Berikut, Bukan Sehat Malah Bikin Fatal!

1. Jantung

Para ahli mengatakan orang yang duduk lebih banyak memiliki risiko 147 persen lebih tinggi menderita serangan jantung atau stroke. Beberapa peneliti menyimpulkan duduk terlalu lama berdampak pada risiko kardiovaskular yang setara dengan merokok.

2.Obesitas

Bergerak menyebabkan otot melepaskan molekul seperti lipoprotein lipase, yang membantu memproses lemak dan gula yang dikonsumsi. Saat seseorang menghabiskan sebagian besar hari dengan duduk, pelepasan molekul-molekul ini berkurang dan berpotensi menaikkan berat badan.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Hello Sehat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Penting! 5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Jumat, 1 Juli 2022 | 23:59 WIB
X