Sebenarnya Kapan Waktu Terbaik Berolahraga? Ini Fakta yang Perlu Kamu Ketahui!

- Minggu, 12 Desember 2021 | 13:35 WIB
Ilustrasi (Leandro Boogalu)
Ilustrasi (Leandro Boogalu)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Faktanya tidak ada patokan pasti kapan waktu yang tepat untuk olahraga. Pasalnya, olahraga yang dilakukan pada pagi, sore, atau malam hari memiliki kelebihan masing-masing dan tetap membawa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tidak ada bukti penelitian yang menjelaskan tentang waktu yang tepat untuk olahraga. Hal ini karena setiap orang memiliki ritme sirkadian tubuh yang berbeda.

Ritme sirkadian adalah ritme yang mengatur keadaan fisik, mental, dan perilaku seseorang dalam 24 jam.

Seseorang bisa saja merasa lebih energetik dan lebih kuat untuk berolahraga di sore hari dibandingkan dengan pagi hari, begitu juga sebaliknya.

Kamu bisa menentukan satu waktu yang tepat untuk olahraga sesuai dengan ritme sirkadian tubuh dan kenyamanan kamu dalam melakukannya.

Berolahraga, kapan pun itu, akan lebih bermanfaat daripada tidak berolahraga sama sekali. Jadi sebenarnya, tidak perlu terlalu pusing memikirkan waktu yang tepat untuk olahraga.

Baca Juga: Moms Bebaskan Anak Mandi Hujan dan Lihat Sederet Manfaatnya!

Adapun fakta yang perlu anda ketahui saat ingin menentukan waktu olahraga adalah:

  1. Saat memutuskan berolahraga di luar rumah banyak orang yang memilih waktu pagi hari dengan alasan udara masih segar.

  2. Jika ingin menurunkan berat badan dianjurkan berolahraga di pagi hari dengan kondisi perut kosong sebab 20% lemak tubuh akan lebih banyak.

  3. Mereka yang sibuk dari pagi hingga sore hari cenderung berolahraga di malam hari. Tidak perlu khawatir sore atau malam hari masih menjadi waktu yang tepat untuk olahraga.

  4. Ritme sirkadian setiap orang adalah berbeda yang mengatur keadaan fisik, mental, dan perilaku seseorang dalam 24 jam.

  5. Berolahraga di sore hari dapat membuat tubuh merasa lebih energetik dibanding pagi hari sesuai dengan ritme sirkadian dan kenyamanan tubuh melakukannya.

  6. Berolahraga kapanpun lebih bermanfaat ketimbang tidak sama sekali.

Baca Juga: Ingin Atasi Rambut Rontok Dengan Cara Alami, Ikuti Cara dr. Zaidul Akbar Berikut

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X