Produksi Sperma Pria Bisa Terhambat Jika Konsumsi 5 Makanan Ini, Hindari Mulai Sekarang

- Minggu, 28 November 2021 | 12:20 WIB
Ilustrasi (Alleksana)
Ilustrasi (Alleksana)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Kualitas sperma sangat mempengaruhi keberhasilan kehamilan bagi pasutri dan ada banyak hal yang ikut menentukan kualitas sperma seperti stres, faktor genetika dan juga makanan.

Karenanya menjadi penting bagi pria untuk memahami hal apa saja yang  menghambat sekaligus apa yang justru meningkatkan produksi dan kualitas sperma, terutama dalam hal pola makan.

Sebuah studi oleh Ana Cutillas-Tolin dikutip dari Asia One, pria diet dengan menerapkan pola makan DASH, akan memiliki jumlah sperma lebih tinggi dengan kualitas semen terbaik.

Diet dengan pola makan focus pada banyak buah, sayuran, protein tanpa lemak, daging tanpa lemak seperti ayam, ikan, kacang-kacangan, produk susu demi menghentikan hipertensi (DASH).

Baca Juga: 4 Hormon Kebahagiaan dan Cara Merangsangnya, Ketahui Agar Selalu Bahagia

Setelah mengetahui kemudian mengkonsumsi makanan yang berkhasiat tersebut maka pria juga harus paham dan menghindari makanan dan minuman yang berdampak menghambat produksi sperma, diantaranya:

1. Hindari dan stop alkohol

Pria harus mengurangi bahkan sebaiknya berhenti minum alkohol karena alkohol menurunkan kadar testosteron yang mempengaruhi produksi sperma.

2. Makan dan minum dengan kandungan gula tinggi

Hindari minuman kaleng, permen, keripik dan makanan apapun dengan kandungan gula tinggi karena dapat memicu obesitas. Obesitas akibat makanan tinggi gula menyebabkan tingkat hormon berubah dan mengganggu kesuburan pria.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X