Perenggangan Saat Jam Kerja, Dapat Hindari Berbagai Macam Penyakit

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:22 WIB
Ilustrasi pekerja kantoran (Andrea Piacquadio)
Ilustrasi pekerja kantoran (Andrea Piacquadio)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Pekerjaan pada zama ini, mau tidak mau, menuntut kita harus terbiasa duduk seharian di kantor.

Apalagi pekerjaan yang mengharuskan kita bekerja di dalam ruangan menatap gadget dan perangkat komputer yang tentunya kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, sebaiknya dilakukan perenggangan atau stretching, disela-sela kegiatan kerja. Karena stretching menggunakan gerakan-gerakan sederhana yang mudah dilakukan dan dianggap menyehatkan tubuh pekerja kantoran.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, 9 Tips Kesehatan untuk Wanita Meningkatkan Kualitas Hidup

Dilansir dari Promkes Kemenkes, Jum'at (29/10/2021), ada beberapa alasan, mengapa perenggangan saat jam kerja dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit.

  1. Peregangan yang dilakukan dengan tepat mampu melancarkan aliran darah.Terlalu lama bekerja dalam posisi sama akan membuat sirkulasi darah Anda agak terhambat dan berpotensi memicu tekanan darah tinggi;
  2. Keseimbangan dan koordinasi tubuh juga mudah bermasalah kalau Anda jarang menggerakkan tubuh di sela-sela pekerjaan. Jadi, luangkan waktu Anda untuk meregangkan otot tubuh supaya tidak kelelahan atau pegal;
  3. Banyaknya tanggung jawab kerja secara perlahan akan mengurangi performa tubuh Anda kalau tidak diimbangi olahraga. Stretching dianggap membantu menjaga hingga meningkatkan kinerja dan kebugaran tubuh Anda selama mengerjakan tumpukan tugas;
  4. Kekakuan otot di sekitar pinggul dan punggung bagian bawah pastinya akan mengganggu Anda sepanjang beraktivitas. Untuk menurunkan sensasi nyeri tersebut, Anda dapat melakukan latihan fisik ringan seperti peregangan secara teratur;
  5. Tekanan kerja yang tinggi tak hanya memberi dampak buruk terhadap fisik, tetapi juga mental seperti stres berkepanjangan. Stretching akan menurunkan gangguan tersebut berkat lancarnya sirkulasi darah yang mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke otak Anda.

Baca Juga: Kenali Sejak Dini, 17 Gangguan Kesehatan Mental Segera Konsultasikan ke Psikolog!

Mempraktekan stretching saat bekerja, bisa di lakukan sekalipun mempunyai keterbatasan gerak di ruang kantor.

Perenggangan dapat dimulai dengan melenturkan leher ke depan-belakang, kanan-kiri, serta menoleh dengan perlahan.

Setelah itu putar bahu ke depan dan belakang beberapa kali. Kemudian putar pergelangan tangan dan kaki secara bergantian dan berlawanan arah.

Selain hal tersebut, jaga postur duduk anda selama bekerja. Posisi badan yang kurang tepat dapat mengganggu kinerja otot.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Potensi Penyakit Jantung Koroner, Deteksi Dini

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:56 WIB

Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:35 WIB

3 Khasiat Salad Buah untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jumat, 22 Juli 2022 | 23:15 WIB
X