Waspada Penyakit Mematikan, Ini 13 Pencegahan DBD yang Bisa Dilakukan di Rumah

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 16:00 WIB
Penyakit DBD (Ayu Wiharyati)
Penyakit DBD (Ayu Wiharyati)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Penyakit DBD masih mewabah di Indonesia. Lakukan langkah-langkah pencegahan DBD untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari penyakit ini.

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti pembawa virus dengue. Gejala DBD yang terlambat dikenali dan diobati dapat mengakibatkan perdarahan dalam berbahaya.

Maka dari itu, butuh upaya pencegahan demam berdarah atau DBD dari diri sendiri dan orang di sekitar rumah agar penyakit ini tidak semakin menyebar luas.

Langkah utama mencegah terjadinya wabah DBD adalah menjaga kebersihan lingkungan. Selama bertahun-tahun, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mendorong masyarakat melakukan pencegahan DBD 3M.

Saat ini, langkah pencegahan DBD 3M telah berkembang menjadi pencegahan DBD 5M. Berikut berbagai langkah pencegahan DBD yang dapat Anda lakukan untuk melindungi keluarga dari risiko DBD.

BBaca Juga: Pedangdut Senior Imam S Arifin Tutup Usia

1. Meletakkan Tanaman Pengusir Nyamuk di Dalam Rumah

Ternyata ada beberapa jenis tanaman yang efektif membuat nyamuk tidak betah berada di dalam rumah Anda. Contoh tanaman pengusir nyamuk yaitu serai wangi, lemon balm, lavender, catnip, dan geranium.

Cukup letakkan tanaman di dalam pot kecil di lokasi yang strategis, seperti di sudut ruangan, di dekat jendela, atau di dekat pintu masuk.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: hellosehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X