Hari Osteoporosis 20 Oktober: Hindari Tulang Keropos dengan 10 Cara Pencegahan Agar Tulang Tetap Kuat

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:00 WIB
Cegah Osteoporosis (Ayu Wiharyati)
Cegah Osteoporosis (Ayu Wiharyati)

HALUANRIAU.CO, TIPS - Menjelang momen Hari osteoporosis Sedunia 2021 atau World Osteoporosis Day yang diperingati tanggal 20 Oktober setiap tahunnya.

Setiap orang ingin melewati masa tuanya dengan bahagia dan sehat. Namun, seiring bertambahnya usia, sel-sel organ atau sistem tubuh ternyata ikut mengalami sehingga faktor U tidak dapat dihindari dan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit degeneratif, salah satunya osteoporosis.

International osteoporosis foundation (IOF) menjelaskan bahwa osteoporosis atau tulang keropos merupakan penyakit dengan kondisi kepadatan dan kualitas tulang, sehingga lebih rapuh dan risiko patah tulang pun meningkat.

Penyakit tulang keropos ini tidak hanya bisa menjangkit para lansia, melainkan juga mereka yang masih muda. Hanya saja mereka yang berusia di atas 50 tahun, berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis.

Cara mencegah osteoporosis agar tulang tetap sehat dan kuat Berikut ini langkah-langkah pencegahan osteoporosis yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

Baca Juga: Deddy Corbuzier Akui akan Pindah Negara Jika Rachel Menjadi Duta

1. Berjemur dan menjaga asupan vitamin D

Selain kalsium, vitamin D juga menjadi nutrisi vital dalam pencegahan tulang keropos. Vitamin D membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium dan turut memelihara kesehatan tulang.

Orang berusia 51-70 tahun disarankan untuk mendapatkan 600 IU vitamin D tiap harinya. Jumlah ini ditingkatkan menjadi 800 IU per hari setelah berusia 70 tahun dari makanan dan suplemen.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Klikdokter, hellosehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selain Bau, Simak 5 Kerugian Malas Mandi Sore

Rabu, 24 November 2021 | 10:58 WIB
X