Perlu Tahu! 10 Jenis Makanan ini Pertajam Daya Pikir dan Kinerja Otak. Perlu Dicoba!

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:29 WIB
Jenis Makanan Sehat untuk Otak (Ayu Wiharyati)
Jenis Makanan Sehat untuk Otak (Ayu Wiharyati)


HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Jenis Makanan secara seimbang harus sudah menjadi bagian dari menu sehari-hari, walaupun terkadang makanan yang anda anggap masuk dalam kategori sehat, kenyataannya tidak selalu seperti itu.

Menurut ahli nutrisi dari Universitas Amerika di Washington D.C, Janis Jibrin, RD, makanan sehat yang mengandung antioksidan dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

"Antioksidan melindungi lapisan sel otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang merupakan molekul berbahaya yang menyebabkan peradangan dan hasil dari faktor-faktor seperti pola makan yang buruk atau kebiasaan merokok".

Peneliti dan ahli nutrisi dari Harvard Medical School Uma Naidoo memberikan lima rekomendasi makanan yang harus Anda konsumsi setiap hari agar otak Anda memiliki daya ingat dan fokus setiap harinya.

Otak memiliki fungsi terpenting dalam tubuh, di antaranya untuk berpikir, mengingat sesuatu, fokus mengerjakan tugas, melakukan pergerakan, melakukan pernapasan hingga mengatur detak jantung Anda.

Baca Juga: Perlu Dihindari! 5 Jenis Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Agar lebih jelas apa saja yang termasuk dalam kategori Brain Food ini, simak penjelasan berikut.

1. Ikan salmon

Ikan salmon termasuk salah satu makanan yang baik untuk nutrisi otak. Bahkan, jenis ikan yang satu ini mungkin termasuk pada jajaran atas makanan-makanan sehat untuk otak. Pasalnya, ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3.

Pada dasarnya, sekitar 60% otak manusia terdiri dari lemak, dan sebagian darinya adalah asam lemak omega-3. Asam lemak ini bermanfaat untuk membentuk otak dan sel saraf, sehingga baik untuk kesehatan otak.

Tak hanya itu, asam lemak omega tiga juga penting untuk meningkatkan kemampuan saat menyerap informasi, khususnya dalam proses belajar, serta membantu Anda untuk memiliki ingatan yang lebih baik.

Lalu, asam lemak omega-3 juga dapat membantu memperlambat berbagai masalah kesehatan mental yang semakin rentan seiring pertambahan usia. Kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan salmon ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

Sebaliknya, jika Anda kekurangan asam lemak omega-3, risiko kesulitan belajar dan depresi pun ikut meningkat.

Oleh sebab itu, jangan sepelekan pentingnya mengonsumsi ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Tak hanya salmon, Anda juga bisa mengonsumsi ikan trout dan ikan sarden yang juga kaya akan kandungan nutrisi ini.

Baca Juga: 10 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Memasuki Musim Hujan

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Liputan6.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jenis Makanan Pereda Stres, Salah Satunya Kacang

Rabu, 21 September 2022 | 02:01 WIB

4 Manfaat Sawo untuk Kesehatan, Bisa Jaga Imun!

Selasa, 20 September 2022 | 03:09 WIB

4 Manfaat  Bumbu Dapur Ini untuk Turunkan Kolesterol

Selasa, 13 September 2022 | 23:33 WIB

Ketahuilah, 7 Tipe Jerawat Dalam Tubuh dan Pertumbuhannya

Selasa, 13 September 2022 | 03:47 WIB

Penuh Gizi! 3 Manfaat dari Konsumsi Ikan Kakap

Selasa, 13 September 2022 | 02:10 WIB

Cobain Yuk! Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Kamis, 8 September 2022 | 12:55 WIB
X