Perlu Dihindari! 5 Jenis Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:22 WIB
Asam Lambung Naik (Ayu Wiharyati)
Asam Lambung Naik (Ayu Wiharyati)


HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Asam lambung naik merupakan suatu kondisi yang kerap membuat penderitanya merasakan nyeri disertai sensasi panas di dada. Gejala ini muncul karena dinding lambung yang mengalami iritasi.

Penyebab naiknya asam lambung atau acid reflux ini beragam, mulai dari pola makan yang tidak teratur, salah mengonsumsi makanan, hingga stres.

Demi mencegah penyakit asam lambung, orang yang memiliki riwayat penyakit disarankan untuk tidak melakukannya saat mengonsumsi makanan atau minuman. Terutama bagi Anda yang tidak ingin gejala asam lambung kembali naik dan kemudian memicu munculnya maag.

Untuk itu, selain pilihan makanan yang tepat, ada beberapa pantangan yang harus dihindari oleh para penderita asam lambung untuk menghindari keparahan asam lambung.

Berikut ini kami rangkum 5 makanan penyebab asam lambung yang perlu dihindari, yang telah kami lansir dari beberapa sumber.

Baca Juga: Nasabah Tarik Uang Tidak Layak Edar dari ATM

1. Kafein

Mungkin Anda sudah pernah atau sering mendengar bahwa orang yang memiliki maag tidak dianjurkan minum minuman berkafein, seperti kopi, dalam jumlah banyak.

Bahkan, sebisa mungkin sebaiknya hindari kafein atau membatasi asupannya guna mencegah gejala maag bertambah parah. Pasalnya, kafein dilaporkan dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah.

Akibatnya, asam lambung pun bisa naik kembali ke kerongkongan dan memicu gejala yang mengganggu.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selain Bau, Simak 5 Kerugian Malas Mandi Sore

Rabu, 24 November 2021 | 10:58 WIB
X