Rentan Stres , Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak dalam Belajar Saat Pandemi

- Senin, 18 Oktober 2021 | 06:33 WIB
Kesehatan Mental Anak (Ayu Wiharyati)
Kesehatan Mental Anak (Ayu Wiharyati)

 

Pandemi yang belum juga berkesudahan ini, sangat rentan untuk membuat anak menjadi mudah stres, menurunnya motivasi untuk belajar, hingga beberapa gejala kesehatan mental lainnya. Jika dibiarkan hal ini dapat berbahaya khususnya anak-anak yang seharusnya selalu merasa ceria.


Kondisi tersebut bukan hanya berpengaruh pada kualitas pembelajaran, tapi juga kesehatan mental anak. Pasalnya, sekolah bukan hanya tempat anak belajar, tetapi juga bersosialisasi dengan lingkungan dan teman-temannya.

Maka dari itu Pentingnya peran orang tua dalam menjaga kesehatan mental seorang anak menjadi faktor penentu kualitas mental emosional anak termasuk dalam proses pembelajaran. Terutama dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, anak-anak perlu pendampingan yang serius.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-111495843/ingin-menulis-novel-hingga-naskah-hanya-dalam-satu-bulan-ikuti-aturan-penulisannya


Psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia mengimbau orang tua agar tak hanya berfokus pada kesehatan fisik anak. Orang tua juga harus memperhatikan kesehatan mental anak di tengah pandemi.

Banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental pada anak. Berikut cara tersebut:

1. Setia Dampingi Anak
Meski kegiatan banyak dilakukan di rumah, pastikan Anda tetap mendampingi mereka selama beraktivitas. Dampingi anak saat belajar daring selama pandemi dan bantu mereka jika mengalami kesulitan.


Model pembelajaran daring atau jarak jauh membuat durasi anak menatap layar perlu diperhatikan. Dampingi anak termasuk ketika mereka menghabiskan waktu bermain game atau menonton video di depan layar.

2. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi
Makanan yang sehat dapat menjaga kesehatan, membantu kinerja otak, juga membuat anak berpikir lebih jernih. Berikan variasi makanan yang beragam serta gizi seimbang. Sesekali, tak ada salahnya untuk mengajak anak mengonsumsi makanan favoritnya agar mood-nya menjadi lebih baik. Jangan lupa pastikan anak untuk selalu memenuhi konsumsi air putih sesuai kebutuhan.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Penting! 5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Jumat, 1 Juli 2022 | 23:59 WIB
X