2,2 Miliar Penduduk Indonesia Alami Gangguan Penglihatan, 81 Persen Kebutaan karena Katarak

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:45 WIB
Ilustrasi pemeriksaan katarak (Foto: Paul Diaconu dari Pixabay)
Ilustrasi pemeriksaan katarak (Foto: Paul Diaconu dari Pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kasus kebutaan mata pada masyarakat di Indonesia sebanyak 81 persennya terjadi karena penyakit katarak.

Riset tersebut sampaikan oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan & Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu.

"Hasil survei kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), tahun 2014 hingga 2016 oleh Perdami dan Badan Litbangkes Kemenkes pada usia 50 tahun ke atas, angka kebutaan Indonesia mencapai tiga persen dan 81 persen karena katarak," kata Maxi, Selasa (12/10), dikutip dari Antara.

Sekitar 2,2 miliar penduduk Indonesia mengalami gangguan pada indra penglihatannya, termasuk di dalamnya adalah kebutaan.

Baca Juga: Frank Lampard Terdepan Jadi Solusi Tercepat Sebagai Pelatih Newcastile United

Menurut Maxi, 1 miliar dari kejadian tersebut dapat dicegah.

Untuk dapat mengatasi permasalahan itu, ia mengatakan Kemenkes telah melakukan sejumlah upaya seperti melakukan seminar, kampanye serta edukasi yang diberi nama “Cerdik Patuh dan Lihat” kepada masyarakat untuk menginformasikan terkait gangguan penglihatan mata.

Melalui kampanye tersebut, Kemenkes turut melakukan deteksi dini melalui pelayanan kesehatan primer yang terintegrasi dengan bagian penyakit tidak menular seperti diabetes dan hipertensi, mendirikan Posbindu (pos binaan terpadu) sebagai upaya yang bersumber daya masyarakat (UKBM).

Pihaknya juga memanfaatkan perkembangan teknologi informasi seperti menciptakan sebuah sistem bernama SI GALIH (sistem informasi penanggulangan gangguan penglihatan).

Baca Juga: Frank Lampard Terdepan Jadi Solusi Tercepat Sebagai Pelatih Newcastile United

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 10 Kebiasaan Penyebab Kanker Pada Tubuh Anda

Senin, 25 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Sering Minum Boba? Hati-Hati Bahayanya

Jumat, 22 Oktober 2021 | 17:17 WIB
X