Studi Ini Jabarkan Manfaat Vitamin D guna Cegah Kanker Payudara

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 14:35 WIB
ilustrasi wanita sehat karena vitamin D. (Pixabay/silviarita)
ilustrasi wanita sehat karena vitamin D. (Pixabay/silviarita)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Salah satu yang diperlukan manusia dalam menjalankan hidup sehari-hari adalah mengonsumsi vitamin yang membawa manfaat. Salah satu vitamin yang amat bermanfaat yakni vitamin D.

Baru-baru ini, studi menemukan bahwa vitamin D dapat mencegah kanker payudara.

Meski sebenarnya tubuh manusia mampu memproduksi vitamin D sendiri, perlu diketahui vitamin D ini larut dalam lemak, dan memiliki peran penting dalam penyerapan kalsium dan kesehatan tulang.

Kendati demikian, vitamin D juga berperan untuk menjaga sistem imun, yaitu melindungi diri agar tak mudah sakit, mencegah osteoporosis, mengendalikan gula darah, hingga mengatasi hipoparatiroid, rakitis, dan hipofosfatemia.

Baca Juga: Lindungi Bumi dari Asteroid, NASA Umumkan Misi Berikut

Tak hanya itu, kini studi baru mengatakan bahwa vitamin D mampu mencegah kanker payudara. Mengutip Eat This, dalam edisi baru jurnal peer-review, Nutrition and Cancer, tiga peneliti genetika dan biokimia di Pakistan telah menerbitkan hasil penemuan mereka; yang menyatakan bahwa "perempuan pakistan berisiko tinggi terkena kanker payudara."

Mereka juga mencatat bahwa kekurangan vitamin D adalah faktor yang sering diabaikan, padahal vitamin ini memiliki hubungan yang kuat dalam pencegahan penyakit kanker payudara.

Diketahui penelitian ini melibatkan 154 perempuan yang telah didiagnosis menderita kanker payudara, dan 248 dipilih secara acak untuk kelompok kontrol. Para peneliti mencatat bahwa dari 402 perempuan tersebut, terdapat 51,5 persen benar-benar tidak mengetahui tingkat vitamin D mereka.

Mereka pun juga mencatat bahwa perempuan yang sama sekali tidak yakin dengan asupan vitamin D dalam tubuhnya, lebih berisiko tinggi terinfeksi kanker payudara. Dibandingkan dengan para perempuan yang meyakini asupan vitamin D dalam tubuhnya.

Baca Juga: Provinsi Jawa Barat Puncaki Klasemen Sementara PON XX Papua, Riau di Urutan ke Tujuh

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selain Bau, Simak 5 Kerugian Malas Mandi Sore

Rabu, 24 November 2021 | 10:58 WIB

Gula Darah Anda Naik? Simak 8 Penyebabnya

Minggu, 7 November 2021 | 13:31 WIB

7 Tanaman Herbal Paling Ampuh Atasi Darah Tinggi

Sabtu, 6 November 2021 | 14:22 WIB
X