Kadivpas Kemenkum dan HAM Wilayah Riau, Sidak ke Lapas Kelas IIA Bangkinang

- Kamis, 8 Juli 2021 | 10:11 WIB
Kadivpas
Kadivpas

HALUANRIAU.CO, KAMPAR-Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Wilayah Provinsi Riau Maulidi Hilal melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang, Rabu (7/7/2021) sore.

Kadivpas memimpin langsung Sidak dengan merazia sejumlah ruang tahanan narapidana yang sudah mencapai 1.800 lebih penghuni tersebut secara acak.

"Hari ini kami melakukan sidak di Lapas Bangkinang, hal ini dilakukan secara isindentil di beberapa unit pelaksanaan teknis Sewilayah Riau. Meskipun belum lama kemarin pak Kalapas Bangkinang sudah melakukan langkah - langkah persuasi dalam rangka sosialisasi terkait dengan berbagai hal tata kehidupan yang ada di Lapas Kelas IIA Bangkinang," ujar Kadivpas Maulidi Hilal usai melakukan sidak kedalam hunian napi, pada haluanriau.co, Rabu, (7/7).

"Baik itu pencegahan Covid-19 asimilasi integrasi dan juga perederan gelap narkoba yang sampai saat ini masih terjadi baik itu diluar lapas maupun yang mungkin terindikasi yang diluar lapas dan didalam lapas," sambung dia.

Kadivpas juga menyampaikan bahwa, Kalapas Kelas IIA Bangkinang dan Kalapas Kelas IIA Pekanbaru turut menghadiri undangan dari Polda Riau saat pres rilis pengungkapan kasus peredaran narkoba jenis sabu seberat 108 kg yang yang dilakukan kakak adik. Kedua tersangka itu ditangkap pihak Kepolisian pada Senin (5/7) di tiga lokasi Tempat Kejadian Perakara (TKP).

"Tadi siang pak Kalapas Kelas IIA Bangkinang bersama Kalapas Kelas IIA pekanbaru bersama - sama telah hadir dalam undangan dari Kapolda Riau untuk pres liris pengungkapan kasus peredaran sabu yang beratnya 108 kg. Hal itu dilakukan berkat kerjasama antara Polda Riau dengan jajaran pemasyarakatan di Wilayah Riau," kata Kadivpas M.Hilal.

Hilal menjelaskan, ada beberapa orang napi yang tersangkut dengan jaringan yang berada diluar lapas," Alhamdulilah berkat kerjasama dan senergitas dengan pihak kepolisian yang sudah terbangun dengan baik, berhasil dilakuakn penangkapan terhadap yang bersangkutan," kata Hilal.

"Dalam kegiatan sidak ini, kita mengamankan beberapa alat yang patut diduga akan mengakibatkan terjadinya gangguan kamtib. Selain itu juga ada beberapa handphone, cahrger kita sudah berupaya secara acak melakukan penggeledahan kamar hunian," ucap Hilal.

Sementara itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pengawasan dengan baik dan detail. Setiap petugas maupun tamu sudah diperiksa dengan ketat saat akan masuk kedalam lapas.

"Untuk pengaman di Lapas Bangkinang kita sudah melakukan langkah - langkah yang menurut saya sudah sangat ditail dari awal. Seluruh petugas dan semua tamu diperiksa secara baik dipintu masuk dan kita juga sudah melakukan razia - razia baik itu bersipat rutin maupun isidentil," kata Sutarno.

Terkait dengan adanya pengungkapan kasus peredaran narkoba yang melibat napi dari Lapas Bangkinang Sutarno mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian. Kemudian komunikasi sinergitas dan kolaborasi untuk memberantas narkoba.

"Narapidana yang dibawa dari Lapas Bangkinang itu statusnya masih sebagai saksi dan yang bersangkutan masih diduga ada keterlibatannya dalam kasus tersebut, untuk selanjutnya bisa ditanyakan kepada tim penyidik," pungkasnya.

 

 

Reporter: Amri

 

 

 

Editor: Eka Buana Putra

Terkini

Idul Fitri di Lapas Kelas IIA Bangkinang

Kamis, 13 Mei 2021 | 14:11 WIB
X