Wakil Ketua KPK Bakal Disidang Pascalaporan Novel Baswedan

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 17:37 WIB
Ilustrasi penyuapan. (Pixabay/Shameer Pk)
Ilustrasi penyuapan. (Pixabay/Shameer Pk)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Novel Baswedan melaporkan Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar terkait dugaan melanggar kode etik. Oleh karenanya, Lili akan disidang oleh Dewan Pengawas (Dewas).

Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar akan disidang oleh Dewan Pengawas (Dewas).

Selain Novel Baswedan, yang melaporkan Lili Pintauli Siregar di antaranya Rizka Anungnata, dan mantan Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK, Sujanarko.

"Senin, 30 Agustus akan digelar sidang pembacaan putusan dugaan pelanggaran kode etik oleh Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar," kata Ketua Dewas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean.

Novel Baswedan, Rizka Anungnata, dan Sujanarko melaporkan Lili kepada Dewas KPK karena dugaan terkait kontak dan penyebaran informasi mengenai perkembangan penangana kasus Wali Kota Tanjungbalai, M. Syahrial.

Sementara itu, dugaan lainnya terkait penyalahgunaan jabatan yang dilakukan Lili untuk menekan M. Syahrial dalam urusan penyelesaian kepegawaian adik iparnya, Ruri Prihatini Lubis di Perusahaan Daerah Air Minum Kualo, Tanjungbalai.

Keterlibatan Lili diungkap mantan penyidik KPK, Stephanus Rbin Pattuju terkait komunikasi dengan M. Syahrial pada persidangan 26 Juli 2021.

Pembicaraan antara Lili dan Syahrial yaitu terkait jual beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai.

"Pak Syahrial menyampaikan minta bantuan ke[ada Fahri Aceh atas saran Ibu Lili Pintauli Siregar. Setahu saya, dia adalah Wakil Ketua KPK," ujar Robin.

Pernyataan yang dilontarkan Robin dibantah oleh Lili yang mengaku tidak ada komunikasi dengan tersangka.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Polres Siak Tangkap Kakek Pengedar Sabu di Perawang

Kamis, 25 November 2021 | 20:46 WIB
X