Tetangga Parkir Kendaraan Sembarangan Bisa Dituntut, Simak Penjelasannya

- Senin, 16 Agustus 2021 | 14:22 WIB
Ilustrasi kendaraan parkir sembarang dan menutup jalan. (Pikiran Rakyat/Alza Ahdir)
Ilustrasi kendaraan parkir sembarang dan menutup jalan. (Pikiran Rakyat/Alza Ahdir)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Berbagai masalah sering kali muncul di kehidupan, apalagi ketika tinggal di perkotaan. Salah satu masalah tinggal di perkotaan adalah permukiman yang padat, seperti adanya gang-gang kecil atau di perumahan komplek.

Di lingkungan seperti itu, seringkali ada permasalahan parkir utamanya mobil yang menghalangi jalan. Tak sedikit orang yang melontarkan sumpah serapah ketika melihat kendaraan menghalangi jalan, meski itu milik tetangga sendiri.

Ternyata tindakan tetangga seperti itu bisa dituntut, karena ada banyak dasar hukum yang beredar. Misalnya pasal 27 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945.

Di sana ditegaskan bahwa segala warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.

Karena memiliki kedudukan yang sama di mata hukum, maka perbuatan tetangga parkir sembarangan dan menghalangi jalan tak bisa dilakukan seenaknya kepada Anda. Jika tindakan tersebut masih terus terjadi, ada dasar hukum yang lebih kuat lagi.

Pasal 671 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer) membahas mengenai hal tersebut berbunyi:

"Jalan setapak, lorong atau jalan besar milik bersama dan beberapa tetangga, yang digunakan untuk jalan keluar bersama, tidak boleh dipindahkan, dirusak atau dipakai untuk keperluan lain.

"Dari tujuan yang telah ditetapkan, kecuali dengan izin semua yang berkepentingan," kata aturan tersebut.

Jelas sudah bahwa pemerintah dengan tegas melarang adanya aktivitas parkir di depan rumah apalagi jika tindakan tersebut menghalangi jalanan komplek.

Jika ada tetangga ingin menggunakan jalan komplek tersebut, perlu ada permintaan izin kepada pemilik lahan di depan rumah tersebut.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Anak Anggota Dewan Jadi Tersangka Kasus Pemerkosaan

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:40 WIB

Polres Siak Tangkap Kakek Pengedar Sabu di Perawang

Kamis, 25 November 2021 | 20:46 WIB
X