Tak Ada Saksi dan Bukti Meringankan, PN Bangkinang Lepaskan Terdakwa Pencurian Buah Kelapa Sawit

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 15:52 WIB
Pengadilan Negeri Bangkinang
Pengadilan Negeri Bangkinang

HALUANRIAU.CO, KAMPAR-Sepanjang persidangan Ronny Granito Saing alias Roni diketahui tidak ada menghadirkan saksi dan alat bukti yang meringankan. Kendati begitu, Pengadilan Negeri Bangkinang tetap melepaskan yang bersangkutan dari segala dakwaan Jaksa.

Dia adalah terdakwa dugaan pencurian buah kelapa sawit di Desa Sekijang, Kecamatan Tapung Hilir, Kampar. Dia divonis lepas berdasarkan putusan majelis hakim yang diketuai Ratna Dewi Darimi bersama Hakim Anggota, Omori Rotoma Sitorus dan Angelia Renata, Kamis (5/8) kemarin.

Dalam putusannya, majelis hakim menilai Ronny Granito terbukti melakukan perbuatan yang didakwakan. Hanya saja, hal itu bukan merupakan tindak pidana.

"Melepaskan terdakwa oleh karena itu dari segala tuntutan hukum," ujar Hakim Ketua Ratna Dewi Darimi seperti dikutip dalam situs resmi PN Bangkinang, http://sipp.pn-bangkinang.go.id.

Atas putusan itu, hakim memerintahkan Jaksa untuk membebaskan terdakwa dari tahanan, dan dipulihkan hak-haknya dalam kemampuan, kedudukan, harkat serta martabatnya.

"Menetapkan barang bukti berupa tiga tandan buah kelapa sawit dirampas untuk dimusnahkan," tegas Hakim.

Vonis itu bertolak belakang dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menginginkan agar terdakwa dihukum selama 1 tahun dan 6 bulan penjara.

Dalam tuntutan JPU menyatakan terdakwa Ronny Granito Saing telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHPidana.

"Terkait putusan itu kami akan berkordinasi dulu dengan pimpinan. Apa upaya hukum yang akan kami ambil, kami sedang berkoordinasi dengan pimpinan," ujar Andy Situmorang selaku JPU dalam perkara ini, Jumat, (6/8).

Kendati begitu, kata Andy, pihaknya akan melaksanakan petikan putusan majelis hakim yang dibacakan kemarin.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Sumber: Amri

Tags

Terkini

Asyik Main Judi Song, 4 Warga Perawang Diborgol Polisi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:56 WIB

Kuansing Heboh, Benarkah Ada OTT KPK, Lalu Siapa

Senin, 18 Oktober 2021 | 23:11 WIB
X