Korupsi Dana Kepenghuluan, Mantan Penghulu Teluk Bono II Segera Disidang

- Senin, 28 November 2022 | 19:18 WIB
Kasi Pidsus Kejari Rohil Herdianto memimpin proses tahap II perkara dugaan korupsi penyimpangan Dana Kepenghuluan Teluk Bono II dengan tersangka Zulkifli (Dodi/HRC)
Kasi Pidsus Kejari Rohil Herdianto memimpin proses tahap II perkara dugaan korupsi penyimpangan Dana Kepenghuluan Teluk Bono II dengan tersangka Zulkifli (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HILIR - Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hilir (Rohil) menerima pelimpahan penanganan perkara dugaan korupsi Dana Kepenghuluan Teluk Bano II Tahun Anggaran Anggaran (TA) 2016. Dalam perkara ini, mantan Datuk Penghulu Teluk Bano II, Zulkfli, menjadi tersangka.

Pengusutan perkara ini sebelumnya dilakukan Tim Jaksa Penyidik pada Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Rohil. Melalui serangkaian proses penyidikan, berkas perkara ini kemudian dinyatakan lengkap atau P-21.

Selanjutnya, penyidik melimpahkan tersangka dan barang bukti kepada Tim JPU. Tahap II perkara tersebut dilakukan di Kantor Kejari Rohil.

"Pada hari ini telah dilakukan pelimpahan tersangka dan barang bukti atau tahap II untuk berkas perkara atas nama tersangka Zulkifli," ujar Kepala Kejari (Kajari) Rohil Yuliarni Appy saat dikonfirmasi melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Yogi Hendra, Senin (28/11) malam.

Proses tahap II tersebut, kata Yogi, dipimpin langsung oleh Kepala Seksi (Kasi) Pidsus Kejari Rohil, Herdianto. Disebutkan Yogi, saat proses tahap II tersebut turut diserahkan barang bukti berupa uang sejumlah Rp30 juta, kepada Tim JPU.

"Uang tersebut dititipkan keluarga tersangka untuk pengembalian kerugian keuangan negara," kata Yogi.

Setelah proses tahap II, lanjut Yogi, Tim JPU akan segera mempersiapkan surat dakwaan untuk kelengkapan pelimpahan berkas perkara tersebut ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru.

"Dalam waktu dekat, berkas perkara ini akan dilimpahkan ke pengadilan," pungkas Yogi.

Sementara itu, Kasi Pidsus Kejari Rohil Herdianto, mengatakan Zulkifli merupakan sebagai Penghulu di kepenghuluan tersebut. Jabatan itu diembannya dalam rentang waktu 2010 hingga 2016.

Sebelum menyandang status tersangka, Zulkifli terlebih menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Selain dia, sejumlah pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan keuangan juga telah menjalani proses yang sama. Di antaranya, Penghulu, Perangkat Kepenghuluan yang terdiri dari Sekretaris, Kepala Seksi (Kasi), Kepala Dusun dan Ketua RT yang ada pada Kepenghuluan tersebut.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perkara Mantan Rektor UIN Suska Riau Belum Inkrah

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:06 WIB

Teddy Pardiyana Divonis 1 Tahun 3 bulan Penjara

Jumat, 20 Januari 2023 | 15:28 WIB
X