Gawat Ada Tabung Oksigen dari Tabung Pemadam Api, Untung Bisa Rp4 Juta Lebih

- Jumat, 30 Juli 2021 | 18:54 WIB
Kebutuhan Oksigen bagi pasien Covid-19 sangat tinggi, terutama bagi mereka yang minim saturasi oksigen di tubuh.(merdeka.com)
Kebutuhan Oksigen bagi pasien Covid-19 sangat tinggi, terutama bagi mereka yang minim saturasi oksigen di tubuh.(merdeka.com)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Dibalik kebutuhan akan oksigen yang tinggi untuk membantu pasien Covid-19 dalam pengobatannya, ada saja yang memanfaatkan situasi ini dengan menjual oksigen yang tabungnya merupakan tabung pemadam api.

Tabung pemadam dibeli dengan harga Rp750 ribu dibersihkan dengan air, kemudian dicat seperti tabung oksigen asli untuk kemudian diisi oksigen.

Dia mengubah tabung pemadam kebakaran yang dia bersihkan dengan air saja, kemudian dia chat jadi warna putih, dia buat mirip dengan tabung oksigen yang kemudian di isi dengan oksigen untuk dijual," tutur Kabid Humas Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus seperti dikutip dari pikiran-rakyat.com.

Polda Metro Jaya mengamankan salah seorang pelaku inisial WS alias KR di kawasan Tangerang pada Selasa 287 Juli 2021 lalu.

Menurut Yusri Yunus, sudah puluhan tabung palsu tersebut dijual kepada masyarakat, bahkan dengan cara online.

Dikatakn Yusri Yunus, tabung tersebut dijualnya dengan keuntungan sampai Rp4 juta lebih."Satu tabung bisa mencapai harga Rp5 juta, tegasnya.

Berdasarkan pengakuan pelaku, baru 20 tabung yang berhasil dijual, namun hal tersebut masih didalami pihak kepolisian. Sementara dari pelaku Polisi berhasil mengamankan 114 tabung oksigen yang sudah dilakukan modifikasi tersebut.

Pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut disangkakakn melanggar Pasal 113 Undang Undang Perdagangan dan UU No 34 tentang Kesehatan.

 

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Terkini

X