Bobol Rekening Nasabah Hingga Rp5 M, Mantan Karyawan Bank Daerah di Riau Jalani Tahap II

- Rabu, 21 September 2022 | 13:17 WIB
Kasi Penkum dan Humas Kejati Riau, Bambang Heripurwanto (Dodi/HRC)
Kasi Penkum dan Humas Kejati Riau, Bambang Heripurwanto (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pihak Kejaksaan menerima pelimpahan penanganan perkara dugaan pembobolan rekening nasabah milik daerah senilai miliaran rupiah dari penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Riau. Selanjutnya, Jaksa menyiapkan surat dakwaan sebelum berkas perkara dilimpahkan ke pengadilan.

Adapun tersangka dalam perkara ini adalah Rezki Purwanto. Dia adalah pegawai di perusahaan pelat merah tersebut.

Pengungkapan perkara ini dilakukan penyidik pada Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau. Hal itu, setelah menerima laporan polisi dengan nomor LP/B/290/VI/2022/SPKT/Riau, tanggal 24 Juni 2022.

Setelah melalui serangkaian proses penyidikan, berkas perkara dinyatakan lengkap oleh Jaksa Peneliti pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau. "Iya, berkas tersangka RP telah P-21 pada 9 September kemarin," ujar Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, Bambang Heripurwanto, Rabu (21/9).

Berikutnya, dilaksanakan proses tahap II di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru. Di sana, penyidik melimpahkan tersangka dan barang bukti kepada Tim JPU.

Baca Juga: Disiksa Ibu Angkat, Bocah 6 Tahun Alami Luka dan Trauma

"Ada tiga orang Jaksa yang bertindak sebagai Tim JPU. Semuanya dari Kejaksaan Tinggi Riau," sebut Bambang.

Dengan telah dilaksanakan tahap II, saat ini Tim JPU kata Bambang, tengah mempersiapkan administrasi pelimpahan berkas perkara ke pengadilan. Termasuk di dalamnya surat dakwaan.

"Insyaallah dalam waktu dekat berkas perkara dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Pekanbaru," imbuh Bambang seraya mengatakan tersangka Rezki Purwanto dilakukan penahanan di sel tahanan Mapolda Riau.

Dari informasi yang dihimpun, penarikan dana dari rekening tanpa pengetahuan nasabah berawal, saat Costumer Service (CS) bank di kantor cabang Pasir Pangaraian dihubungi pelaku untuk meminta bantuan pembukaan dorman rekening tabungan atas nama nasabah pada, Kamis (17/6/2022) lalu.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terlibat TPPU, Berkas Petinggi Fikasa Group Telah P-21

Rabu, 28 September 2022 | 14:38 WIB

Resmob Polres Inhil Tangkap Curanmor di Pasar Terapung

Selasa, 27 September 2022 | 16:24 WIB
X