Pekan Kemarin, Kejari Pekanbaru Pindahkan 51 Tahanan

- Minggu, 18 September 2022 | 13:14 WIB
Tim Pengawal Tahanan Kejari (Fadelyandra, Soli Very Siahaan, Saddam Hussein ZP, Edo Saputra, Daniel, dan Dani Triwidarto) didampingi petugas Polresta Pekanbaru ( )
Tim Pengawal Tahanan Kejari (Fadelyandra, Soli Very Siahaan, Saddam Hussein ZP, Edo Saputra, Daniel, dan Dani Triwidarto) didampingi petugas Polresta Pekanbaru ( )

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kejaksaan Negeri (Kejari) kembali memindahkan tahanan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru. Kali ini, tahanan yang dipindahkan ada sebanyak 51 orang.

Pemindahan tersebut dilakukan pada Jumat (16/9) kemarin. Adapun tahanan yang dipindahkan tersebut merupakan pesakitan perkara tindak pidana umum.

"Pemindahan tahanan dimulai sejak pukul 09.00 WIB tadi," ujar Kepala Kejari (Kajari) Pekanbaru Teguh Wibowo melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Zulham Pardamean Pane, Minggu (18/9).

Dikatakan Zulham, puluhan tahanan itu berasal dari sejumlah sel tahanan kantor kepolisian yang ada di Kota Pekanbaru. Adapun rinciannya, dari sel tahanan Polda Riau sebanyak 12 orang, Polresta Pekanbaru 12 orang, dan Polsek Rumbai Pesisir 5 orang.

"Lalu dari sel tahanan Polsek Senapelan ada 4 orang, Polsek Payung Sekaki 5 orang, Polsek Sukajadi 5 orang, dan Polsek Lima Puluh 8 orang," sebut Zulham.

Pemindahan tahanan Polsek Sukajadi

"Total tahanan yang dipindahkan ada sebanyak 51 orang," sambung Jaksa yang pernah bertugas di Kejari Rokan Hilir (Rohil) tersebut.

Dijelaskan Zulham, tahanan yang dipindahkan ini telah menjalani persidangan dan dijatuhi hukuman berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah. Sebelum dilakukannya pemindahan, kata dia, sudah dilakukan pemeriksaan Rapid Test yang dilakukan oleh petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru dengan hasil non reaktif.

"Ini dilakukan untuk langkah pencegahan dan penanganan Covid-19 sesuai dengan surat dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI Nomor : PAS-PK.01.01.01-679, tanggal 20 Mei 2020 Perihal Penerimaan Tahanan yang telah berkekuatan Hukum Tetap (Inkracht)," terang Zulham.

Dalam pelaksanaan pemindahan tahanan ini dilakukan oleh Tim Pengawal Tahanan Kejari Pekanbaru. Diantaranya, Soli Very Siahaan, Saddam Hussein ZP, Edo Saputra, Dani Triwidarto, Fadelyandra, dan Daniel. Terlihat juga staf Intelijen Kejari Pekanbaru, Herri Wijaya.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perkara Mantan Rektor UIN Suska Riau Belum Inkrah

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:06 WIB

Teddy Pardiyana Divonis 1 Tahun 3 bulan Penjara

Jumat, 20 Januari 2023 | 15:28 WIB
X