Kapolda Terima Dua Penghargaan dari BEM Se-Riau

- Senin, 19 Juli 2021 | 22:27 WIB
Kapolda Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menerima penghargaan dari BEM se-Riau
Kapolda Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menerima penghargaan dari BEM se-Riau

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menerima dua penghargaan dari Badan Eksekutif Mahasiswa se-Riau, Senin (19/8). Penghargaan itu terkait dengan penanganan kebakaran hutan dan lahan dan kasus narkoba.

Penyerahan penghargaan itu dilakukan Cafetaria Lantai 3 Gedung Utama Polda Riau, Jalan Pattimura Nomor 13 Kota Pekanbaru.

Dikatakan Amir Aripin, sejak Korps Bhayangkara Riau dipimpinnya Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, kasus karhutla sangat menurun drastis. Begitu juga dengan kasus narkoba, yang juga dapat dikendalikan oleh Polda Riau, bersama TNI, mahasiswa, dan unsur masyarakat lainnya.

"Tentunya kita berharap ke depan, mahasiswa Riau terus dapat bersinergi dengan Polri juga dengan TNI," ujar Koordinator Pusat BEM se-Riau 2020-2021 itu.

Atas penghargaan itu, Kapolda mengucapkan terima kasih. Dikatakan Kapolda, kendati Riau masih dalam masa pandemi yang luar biasa, dan masih merajalela, namun pekerjaan tak bisa ditunda, termasuk penanganan karhutla dan narkoba.

"Kebaikan ini bukan untuk sekedar penghias profil di media sosial saja, tetapi kebaikan ingin kita lakukan kepada diri sendiri, kepada orang lain dan juga sebagai pertanggung jawaban hidup kita kepada Tuhan," kata Kapolda yang saat itu didampingi sejumlah pejabat utama Polda Riau.

Irjen Pol Agung kemudian mengisahkan pertama kali dirinya datang ke Riau. Saat dijamu makan siang di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Gubernur Riau mengatakan, adalah sebuah tamasya yang indah jika melihat langit biru di Riau.

Selaku Kapolda, dirinya termenung karena sedemikian parahnya soal karhutla Riau. Kemudian dia mengambil langkah nyata dengan menuntaskan kasus tersebut merancang aplikasi Dasboard Lancang Kuning.

"Dasboard Lancang Kuning ini pernah menjadi sebuah pertanyaan besar oleh Konsulat Jenderal negara sahabat. Bagaimana sebuah aplikasi di smartphone mampu menjadi jawaban jitu dan pamungkas untuk karhutla. Praktisnya, dengan Dasboard Lancang Kuning, problem karhutla bertahun-tahun di Riau langsung hilang," beber Irjen Pol Agung.

Terkait narkoba di kawasan Kampung Dalam, Kapolda mengatakan pihaknya melakukan langkah-langkah persuasif dan humanis. Itu bertujuan untuk membentuk imej baru bagi kampung Dalam.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Terkini

Donna Fitria Susul Yan Prana Jalani Penahanan

Kamis, 22 Juli 2021 | 22:31 WIB
X