Satu Orang Pelaku Terlibat Peredaran 108 Kg Sabu Dilepaskan

- Jumat, 16 Juli 2021 | 15:46 WIB
Keempat pelaku terlibat peredaran narkoab dihadiroan saat konferensi pers di Mapolda Riau
Keempat pelaku terlibat peredaran narkoab dihadiroan saat konferensi pers di Mapolda Riau

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Satu diduga pengedar narkoba dengan barang bukti 108 Kg Sabu dilepaskan penyidik Ditresnarkoba Polda Riau. Pria yang diringkus pada Senin (5/7) lalu dinilai penyidik tak terlibat dalam peredaran narkoba.

Ada dua orang yang ditangkap saat itu, yakni BY dan BO dimana kakak beradik ini ditangkap polisi di Jalan Paus, Rumbai Pesisir.

Yang dilepas penyidik ialah sang adik yakni BY, sedangkan sang kakak yakni BO tetap dijadikan tersangka dalam ungkap kasus narkotika itu.

Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes Pol Victor Siagian, Jumat (16/7), membenarkan pelepasan BY. "Ya betul," tegas Victor.

Saat ditanya kembali, adakah keterlibatan tersangka BY dalam sindikat jaringan 108 kilogram sabu ini. Victor menuturkan, kakaknya (BO) yang terlibat kuat dalam jaringan tersebut.

"Dari hasil penyidikan kita yang terlibat kuat dalam jaringannya adalah kakaknya, adiknya tidak tahu menahu tentang keberadaan narkoba itu karena hanya diajak saja. Kita sudah menemukan titik terang jaringan 108 kilogran ini dan sedang kita lakukan pengejaran ke jaringan atasnya," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Kepolisian Daerah (Polda) Riau menggagalkan peredaran narkotika yang masuk dari Malaysia.

Pengungkapan kali, polisi menjadikan empat orang sebagai tersangka. Kakak beradik inisial BO dan BY yang berperan sebagai kurir, kemudian dua orang narpidana Lapas Bangkinang inisial RO dan RI yang berperan sebagai pengendali.

Dari empat tangan tersangka ini, polisi menyita 108 Kg narkotika jenis sabu yang terbungkus didalam 8 karung goni. Sejumlah barang bukti itu didapat dari tiga lokasi yang berbeda.

Penggagalan peredaran barang haram itu berlangsung pada Senin (5/7). Pertama, di Jalan Paus Kecamatan Rumbai Pesisir. Polisi menyita 20 Kg dalam satu karung dan 18 Kg didalam karung lainnya.

Kemudian dilakukan pengembangan, ditemukan lagi 22 Kg sabu dalam satu karung di Jalan Labersa. Terakhir, 23 Kg sabu ditemukan dalam karung warna kuning dan 25 Kg karung dalam karung lainnya yang disimpan dalam kebun sawit di Desa Tanjung Leban Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis.

Editor: Akmal

Terkini

Donna Fitria Susul Yan Prana Jalani Penahanan

Kamis, 22 Juli 2021 | 22:31 WIB

Kapolda Terima Dua Penghargaan dari BEM Se-Riau

Senin, 19 Juli 2021 | 22:27 WIB
X