Pencuri Kabel Listrik XP Clup Pekanbaru Dirungkus Polisi

- Selasa, 13 Juli 2021 | 13:32 WIB
20210713_095432-min
20210713_095432-min

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Tim Opsnal Kepolisian Sektor (Polsek) Limapuluh menangkap seorang pria inisial RS, pria umur 22 tahun itu disangkakan pasal 363 KUHP Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan (Curat).

RS (22) mencuri kabel tembaga listrik di Tempat Hiburan Malam (THM) XP Club Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman, saat beraksi ditemani dua orang rekannya yang kini tengah buron.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya melalui Kapolsek Limapuluh AKP Stevie Rampengan menyebut bahwa komplotan ini sudah sering mencuri kabel tembaga listrik di XP Clup Pekanbaru.

"Sudah sering mengambil kabel tembaga ini. Mereka bertiga, yang lainnya masih dalam pengejaran," kata Stevie saat ekspos Selasa (13/7).

Tersangka berhasil diamankan di rumahnya Jalan Nilam, Kecamatan Pekanbaru Kota, bersama barang bukti lainnya, Sabtu (10/7) kemarin.

Dinihari itu, warga melihat tersangka sedang menenteng karung goni yang berisi benda mencurigakan hendak pulang ke rumahnya. Warga yang curiga langsung melaporkan ke polisi.

"Anggota turun dan langsung melakukan pemeriksaan. Kita dapati barang bukti kabel tembaga dan barang curian lainnya," jelas Kapolsek.

Dijelaskan Stevie, tersangka bersama tiga rekannya masuk ke dalam tempat hiburan malam ini dengan cara memanjat dinding gedung.

"Jadi mereka ini memanfaatkan tempat hiburan yang tutup karena PPKM. Arus listrik disana mati, mereka ambil kabel tembaga listrik yang dari genset," terangnya.

Ada sekitar 30 kilogram kabel tembaga yang telah dikupas yang berhasil diambil tersangka. Kabel ini rencananya bakal dijual ke pengepul di Kabupaten Kampar. Tersangka menjual Rp 110 ribu per kilogram.

Sementara itu, pengakuan RS (22) bahwa saat beraksi mereka telah memetakan situasi dan memastikan bahwa kabel tembaga tersebut tidak dialiri listrik.

"Sudah tidak ada (arus listrik), tinggal potong aja," jawabnya singkat sambil menyebut peralatan yang digunakannya.

Sebelum dijual, kabel tembaga terlebih dahulu dikupas dari kulitnya, kemudian dipilah-pilah dan dipotong seukuran 1 Kg timbangan siap untuk dijual.

Pekanbaru : Akmal

Editor: Akmal

Terkini

Donna Fitria Susul Yan Prana Jalani Penahanan

Kamis, 22 Juli 2021 | 22:31 WIB

Kapolda Terima Dua Penghargaan dari BEM Se-Riau

Senin, 19 Juli 2021 | 22:27 WIB
X