Mantan Kepala Pos Cabang Baserah Diduga Korupsi Sebesar Rp600 Juta

- Senin, 8 Agustus 2022 | 16:26 WIB
Pos Indonesi (Foto: dok pos indonesia)
Pos Indonesi (Foto: dok pos indonesia)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru menerima berkas perkara dugaan korupsi yang terjadi di Kantor Pos Cabang Baserah, Kuantan Singingi (Kuansing). Dalam dugaan rasuah itu, tersangkanya adalah Yulius, mantan Kepala Kantor Pos Cabang Baserah periode 2014-2019.

Perkara itu adalah dugaan korupsi dana nasabah e-Batara Pos, yang sebelumnya ditangani penyidik pada Unit Tipikor Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kuansing. Dalam pengusutannya, polisi telah menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya, 26 fotocopy buku tabungan nasabah e-Batara Pos.

Tidak hanya itu, surat keterangan (SK) pengangkatan tersangka Yulius sebagai Kepala Pos Cabang Baserah, juga turut disita.

Selain itu, polisi juga mengamankan 1 bundel slip penarikan uang tabungan nasabah e-Batara Pos fiktif, serta satu lembar bukti pemeriksaan kas pada 4 Juli 2019.

Penyidik meyakini adanya kerugian negara yang ditimbulkan dalam perkara tersebut sebesar Rp649.047.986. Angka ratusan juta rupiah tersebut didapat berdasarkan hasil audit Penghitungan Kerugian Keuangan Negara (PKKN) yang dilakukan auditor.

Baca Juga: 19 Tahun BUMD Tuah Sekata Pelalawan, Bersinergi Menggali Potensi

Singkat cerita, berkas perkara tersangka Yulius dinyatakan lengkap atau P-21. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan Jaksa Peneliti pada Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing. Dimana tersangka diduga melakukan korupsi dan dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 3 Jo Pasal 8 Jo Pasal 18 Undang-undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Selanjutnya, penyidik melimpahkan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) atau tahap II. Tim JPU kemudian melimpahkan berkas perkara ke pengadilan.

Saat dikonfirmasi, Rosdiana Sitorus membenarkan hal tersebut. Dikatakan Panitera Muda Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, pihaknya menerima berkas perkara tersebut beberapa waktu yang lalu.

"Benar, kami sudah menerima pelimpahan berkas perkara dari (JPU) Kejari Kuansing," ujar Rosdiana, Senin (8/8).

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terlibat TPPU, Berkas Petinggi Fikasa Group Telah P-21

Rabu, 28 September 2022 | 14:38 WIB

Resmob Polres Inhil Tangkap Curanmor di Pasar Terapung

Selasa, 27 September 2022 | 16:24 WIB
X