Terlacak di Singapura, KPK Berkoordinasi Dengan CPIB Tangkap Surya Darmadi

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:23 WIB
Surya Darmadi alias Apeng
Surya Darmadi alias Apeng

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengendus dan memastikan keberadaan pelaku Surya Darmadi, buronan kasus dugaan suap pengajuan revisi alih fungsi hutan di Riau pada tahun 2014.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata pada, Selasa (2/8/2022) dimana menyebutkan bahwa kini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB) atau Biro Penyelidikan Praktik Korupsi Singapura untuk memastikan keberadaan bos PT Darmex Group atau Duta Palma Group tersebut.

"Kami koordinasi dengan CPIB, KPK-nya Singapura. Itu nanti kita akan cek ke sana menanyakan keberadaan yang bersangkutan," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Plaza Pupuk Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (2/8).

Lebih lanjut Marwata menyebutkan hingga saat ini dirinya belum mengakui status kewarganegaraan pelaku, namun demikian berkat perjanjian ekstradisi antara pemerintah Indonesia dengan Singapura, KPK tetap bisa memproses hukum buronan yang mengubah status kewarganegaraanya.

Baca Juga: Lengkapi Berkas Raja Thamsir Rachman dan Surya Darmadi, Kejagung Periksa Dua Orang Saksi

"Saya enggak tahu sekarang status yang bersangkutan ini masih WNI atau sudah menjadi warga Singapura. Terkait dengan ekstradisi itu juga nanti pasti akan kami jajaki," ujarnya.

Diketahui, Surya Darmadi menyuap mantan Gubernur Riau, Annas Maamun dengan uang mencapai Rp3 Miliar untuk mengubah lokasi perkebunan milik PT Duta Palma menjadi bukan kawasan hutan.

Kejagung sendiri dalam pernyataannya memproses hukum Surya Darmadi terkait kasus dugaan korupsi penyerobotan lahan seluas 37.095 hektare di wilayah Riau.

Surya Darmadi bersama dengan Mantan Bupati Indragiri Hulu, Raja Thamsir Rachman disebut melakukan tindak pidana bersama-sama. Berdasarkan perhitungan awal, perbuatan Surya Darmadi tersebut diduga merugikan negara hingga Rp78 triliun.

Baca Juga: Alasan Wanita Garut Jual Konten Pornografi di Instagram Bak OnlyFans: Pengen Jadi Selegram, Banyak Folowers

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: CNN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X