Sosok Surya Darmadi, Bos Minyak Goreng Palma Pecahkan Rekor Korupsi Hingga DPO, Harun Masiku Jilid 2?

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:42 WIB
Surya Darmadi alias Apeng
Surya Darmadi alias Apeng

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pengusaha sekaligus Bos Darmex Agro Group, Surya Darmadi resmi menjadi pemecah rekor korupsi, dimana negara dirugikan sebesar Rp78 triliun.

Kerugian tersebut terungkap setelah Kejaksaan Agung RI, resmi menetapkan Surya Darmadi menjadi tersangka pada, Senin (1/8/2022) bersama dengan mantan Bupati Indragiri Hulu, M Tamsir Rachman.

Surya Darmadi adalah sosok taipan dimana pernah menjadi orang terkaya ke-28 di Indonesia pada tahun 2018 yang lalu menurut majalah Forbes.

Kala itu, Surya Darmadi memiliki kekayaan hingga 45 Miliar Dollar AS dimana kekayaannya tersebut tidak terlepas dari perusahaan miliknya yakni PT Duta Palma Group atau Darmex Agro Group.

Surya Darmadi sebenarnya sudah diberikan status DPO pada tahun 2019 yang lalu oleh KPK dimana dirinya diduga terjerat kasus suap terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan Provinsi Riau di Kementerian Kehutanan tahun 2014.

Penetapan DPO tersebut bermula dari OTT KPK terhadap mantan Gubernur Riau, Annas Maamun pada 25 September2014 yang lalu dan Gulat Medali Emas Manurung sebagai Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Riau.

Keduanya sudah ditetapkan sebagai terdakwa dan divonis bersalah hingga putusannya berkekuatan hukum tetap.

Nama Surya Darmadi masuk ke dalam pusaran kasus keduanya, namun hingga persidangan Annas Maamun selesai, Surya Darmadi tidak kunjung memenuhi panggilan KPK.

Baca Juga: Sukses Budidaya Ikan, Lapas Bangkinang Wacanakan untuk Mengolah Hasil Perikanan

Hingga akhirnya dirinya ditetapkan sebagai buron oleh KPK dan namanya masuk ke daftar pencarian orang (DPO).

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Tempo, detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB

Polri Resmi Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka

Rabu, 3 Agustus 2022 | 23:59 WIB
X