Tiga Emak-Emak Pekanbaru Penyelundup 9,5 kg Sabu Jaringan Internasional Ditangkap

- Kamis, 14 Juli 2022 | 17:10 WIB
Polisi Tangkap emak-emak Kelompok Sindikat Peredaran Sabu Internasional
Polisi Tangkap emak-emak Kelompok Sindikat Peredaran Sabu Internasional

HALUANRIAU.CO, HUKRIM - Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat mengamankan tiga orang emak-emak dari Pekanbaru yang menyeundupkan 9 paket sabu dengan total berat 9,5 kg.

Ketiganya berinisial YA (52), II (45) dan NH (46) dimana YA dan II merupakan kurir sedangkan NH adalah seorang pengedar.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Akmal menyebutkan bahwa keduanya menyelundupkan 9 paket besar tersebut dengan modus memasukan barang-barang haram tersebut ke dalam koper seolah-olah mereka hanya melakukan perjalanan seperti biasa.

"Modusnya sama, dimasukkan ke dalam koper seolah-olah mereka hanya perjalanan biasa ke Jakarta ntah liburan atau belanja di Jakarta jadi mereka menyamarkan seperti itu. Tapi membawa narkotika," terang Akmal kepada wartawan, Kamis (14/7/2022).

Akmal melanjutkan bahwa modus penyelundupan narkotika kian berkembang dan para pelaku terus berusaha mengelabui petugas.

"Mereka akan terus berkembang, bagaimana mereka berusaha mengelabui petugas dari kami mereka berkamuflase untuk menyelundupkan barang-barang tersebut jadi modus seperti ini akan terus berkembang dan tidak berhenti," tuturnya.

Baca Juga: Diduga Mengantuk Berakibat Tabrak Truk Pengangkut Semen, Pengendara Mobil di Bukittinggi Tewas

Dirinya menyebutkan bahwa sosok ibu-ibu sangat mudah untuk dijadikan seorang kurir, dikarenakan pergerakannya tidak menimbulkan kecurigaan para petugas.

Permasalahan Ekonomi juga menjadi hal yang bisa membuat para ibu-ibu mudah untuk ditawari pekerjaan tersebut dikarenakan bayarannya cukup besar.

Ia mencontohkan YA (52) dan II (45) yang menjadi kurir dimana secara ekonomi keduanya lemah dan sang pengedar memanfaatkan kelemahan tersebut.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Sindo News, Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perkara Mantan Rektor UIN Suska Riau Belum Inkrah

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:06 WIB

Teddy Pardiyana Divonis 1 Tahun 3 bulan Penjara

Jumat, 20 Januari 2023 | 15:28 WIB
X