Anggota TNI Diserang KKB Saat akan Salat Subuh, Satu Tewas

- Senin, 9 Maret 2020 | 19:22 WIB
Sertu La Ongge
Sertu La Ongge

HALUANRIAU.CO, PAPUA - Serangan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Koramil Jila, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (9/3/2020) subuh mengakibatkan satu orang TNI tewas.

Sertu La Onge yang akan melaksanakan ibadah Salat Subuh, mengalami luka tembak di bagian telinga.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Eko Daryanto mengatakan, Koramil Jila dalam posisi siaga saat serangan itu terjadi.

Sejumlah pasukan berjaga di Koramil Jila. Sedangkan, Sertu La Ongge sedang bersiap menunaikan ibadah shalat Subuh. "Ada gangguan tembakan sekitar pukul 05.00 WIT. Anggota habis siaga pagi yang bersangkutan mau shalat Subuh lalu ada gangguan," kata Eko saat dihubungi, Senin.

Saat serangan terjadi, suasana masih gelap. Anggota Koramil Jila yang berjaga sempat melepaskan tembakan balasan ke arah KKB. Namun, kelompok itu melarikan diri. Eko pun belum mengetahui asal kelompok yang menyerang Koramil Jila itu. "Kita belum tahu itu dari kelompok mana, sedang kita dalami di lapangan. Anggota sempat membalas tembakan," kata Eko.

Usai serangan, kondisi di Distrik Jila perlahan kondusif. Anggota TNI dan Polri dalam kondisi siaga di wilayah itu. Distrik Jila bersebelahan dengan Distrik Tembagapura yang dalam beberapa terakhir menjadi sasaran beberapa KKB. "Saat ini situasinya sudah relatif aman dan jenazah saat ini sudah berada di Timika," kata Eko.

Sebelumnya diberitakan, Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembaki Koramil Jila, Mimika, Papua, pada Senin (9/3/2020). Penembakan itu menyebabkan satu anggota Koramil Jila, Sertu La Ongge, gugur.

Sertu La Ongge sempat dievakuasi ke rumah sakit di Timika menggunakan helikopter milik TNI. Tapi, La Ongge meninggal di perjalanan. "Dan jenazahnya masih berada di RSUD Timika," kata Eko.

 

 

Sumber: Kompas.com/eka

Editor: Eka Buana Putra

Terkini

X