Sepakat dengan Jaksa, Hakim Vonis Mati Kurir 81 Kg Sabu di Pekanbaru

- Rabu, 6 Juli 2022 | 16:43 WIB
 (Dodi/HRC)
(Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pengadilan Negeri Pekanbaru menjatuhkan pidana mati terhadap terdakwa Asmahdi alias Ayah dan Hasnah alias Ana. Keduanya dinyatakan terbukti terlibat dalam peredaran sabu-sabu seberat 81 kilogram.

Vonis pidana itu disampaikan majelis hakim yang diketuai Dahlan pada sidang yang digelar secara virtual, Rabu (6/7). Saat itu, Dahlan didampingi hakim anggota masing-masing Daniel Ronald dan Yuli Artha Pujayotama.

Dalam putusannya, majelis hakim menyatakan kedua terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang (UU) RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan pidana mati," tegas hakim ketua Dahlan.

Putusan tersebut didengar secara jelas oleh terdakwa Asmahdi yang mengikuti persidangan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru, dan Hasnah di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Pekanbaru. Keduanya terlihat tenang, tidak ada terlihat kecemasan di wajah mereka.

Baca Juga: PWI dan SIWO Gelar Rakor, Tetapkan Ketentuan dan Persyaratan Peserta Porwanas 2022

"Terdakwa tetap dipidana mati. Kami sependapat dengan Penuntut Umum. Terdakwa punya hak pikir-pikir untuk mengajukan upaya hukum selanjutnya," tegas Hakim Dahlan mengingatkan kedua terdakwa.

Penasehat hukum terdakwa yang hadir di ruang sidang juga memberikan penjelasan tentang hukuman yang diterima kliennya. Sampai akhirnya terdakwa memberikan keputusan. "Pikir-pikir," tutur terdakwa.

Putusan tersebut sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ananda Hermila. Dimana tuntutan itu disampaikan pada sidang yang digelar pada Senin (6/6) kemarin.

Dalam dakwaannya, JPU menyatakan jika kedua terdakwa ditangkap secara terpisah oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Riau pada Oktober 2021 lalu. Asmahdi pertama kali ditangkap di sebuah showroom mobil yang terletak di Jalan HR Subrantas Kota Pekanbaru. Sementara Hasnah ditangkap Kamar 106 Hotel Citismart Bandara yang terletak di Jalan Kaharudin Nasution.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X