Tolak Penetapan Tersangka, Indra Muchlis Adnan Ajukan Gugatan Praperadilan

- Selasa, 5 Juli 2022 | 14:20 WIB
Kajari Rini Triningsih bersama Tim Penyidik pada Kejari Inhil (Dodi/HRC)
Kajari Rini Triningsih bersama Tim Penyidik pada Kejari Inhil (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Indra Muchlis Adnan ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi penyertaan modal pada BUMD Indragiri Hilir, yakni PT Gemilang Citra Mandiri pada tahun 2004-2006 senilai Rp4,2 miliar. Tidak terima hal itu, mantan Bupati Inhil itu mengajukan gugatan praperadilan.

Gugatan itu disampaikan di Pengadilan Negeri (PN) Tembilahan, dan teregister dengan nomor perkara: 2/Pid.Pra/2022/PN Tbh. Gugatan masuk pada 21 Juni 2022.

Tujuan dari gugatan praperadilan ini, adalah untuk menguji sah atau tidaknya penetapan tersangka terhadap Indra Muchlis, selaku pemohon. Sementara pihak termohon, yakni Kejaksaan Negeri (Kejari) Inhil.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kejari (Kajari) Inhil Rini Triningsih membenarkan hal tersebut. Dikatakan Ribu, saat ini proses persidangan sedang berjalan.

Lanjut Rini, dirinya langsung memimpin tim Jaksa menghadapi gugatan tersangka di persidangan. Mantan Jaksa Fungsional pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu didampingi sejumlah kepala seksi (kasi) di jajarannya.

Baca Juga: Pemprov Ambil Alih Gedung LAM Riau, Yose: Besok Kita Ganti Kunci

"Sidang praperadilan hari ini sudah masuk hari kedua, tanggapan (jaksa). Kemarin kan permohonan, hari ini tanggapan. Nanti sore replik, malamnya duplik," ujar Kajari Inhi Rini Triningsih, Selasa (5/7).

Jaksa wanita itu yakin pihaknya akan memenangkan gugatan praperadilan ini. Karena menurut dia, penetapan tersangka oleh Tim Jaksa Penyidik pada Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Inhil terhadap Indra Muchlis telah sesuai dengan prosedur.

"Kita sudah sesuai prosedur dan sudah ada lebih dari 2 alat bukti," kata Rini.

Lebih lanjut Rini mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan masih berjalan. Sejauh ini, kata dia, Penyidik telah memeriksa 52 orang saksi.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB

Polri Resmi Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka

Rabu, 3 Agustus 2022 | 23:59 WIB
X