Ada Kakak Tua Macau dan Rubah, BKSDA Riau bersama Polres Pelalawan Gagalkan Penyelundupan Satwa Ilegal

- Jumat, 1 Juli 2022 | 22:23 WIB
Kabid Sekwil I KSDA Riau Andri Hansen Siregar memperlihatkan bayi Kakak Tua Macau yang akan diselundupkan ke Jambi dan Lampung (Akmal/HRC)
Kabid Sekwil I KSDA Riau Andri Hansen Siregar memperlihatkan bayi Kakak Tua Macau yang akan diselundupkan ke Jambi dan Lampung (Akmal/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bersama Kepolisian Resor (Polres) Pelalawan berhasil menggagalkan penyelundupan berbagai jenis satwa yang dilindungi.

Hal itu diutarakan oleh Kepala Bidang Seksi Wilayah I KSDA Riau, Andri Hansen Siregar seusai serah terima satwa tersebut dari pihak kepolisian di Klinik Satwa KSDA Riau, Jumat (1/7) malam.

Satwa yang berhasil disita yakni ratusan jenis burung asli indonesia yang dilindungi dan tidak. Kemudian dua ekor satwa luar negeri yakni jenis Kakak Tua Macau serta dua ekor satwa luar negeri jenis Rubah.

"Sudah serah terima satwa jenis burung dan jenis rubah dari hasil operasi penyergapan oleh Tim Polres Pelalawan pada Kamis (31/6) malam," kata Andri.

Kesemua satwa yang diamankan terbukti ilegal, lantaran si pengantar yang kini diamankan tak mampu menunjukkan bukti surat yang sah. Sipengantar, yakni supir dan kernet kini tengah dimintai keterangan lebih lanjut.

(Ikln/DPRD Kota Pekanbaru6/Akmal)

Baca Juga: Pererat Silaturahmi, PIPAS Kanwil Kemenkumham Riau Gelar Pertemuan Rutin di Lapas Bangkinang

"Satwa yang diangkut tanpa dokumen sah. Supir dan kernetnya saat ini sedang di proses. Pengakuannya, satwa ini rencana akan dikirim ke Jambi dan Lampung," lanjut Andri.

Penangkapan ini berlangsung di Pangkalan Kerinci. Bermula dari kecurigaan masyarakat akan gerak gerik si pengantar yang kala itu berhenti di lokasi sepi, ditambah lagi dengan gelagat yang mencurigakan saat memberikan makan satwa tersebut.

Kurama (Akmal/HRC)

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB

Polri Resmi Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka

Rabu, 3 Agustus 2022 | 23:59 WIB
X