Seorang Oknum Anggota DPRD Siak Diperiksa dalam Perkara Dugaan Korupsi Bansos Fakir Miskin dan Anak Cacat

- Senin, 20 Juni 2022 | 18:48 WIB
Gedung Kejaksaan Tinggi Riau
Gedung Kejaksaan Tinggi Riau

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kejaksaan Tinggi Riau melakukan pemeriksaan terhadap Zulkifli sebagai saksi dalam perkara dugaan korupsi dana bantuan sosial fakir miskin dan anak-anak cacat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2014-2019. Anggota DPRD Kabupaten Siak itu diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Camat Tualang Tahun 2013-2016.

Selain dia, juga dilakukan pemeriksaan terhadap Wan Saiful Efendi. Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setdakab Siak itu diperiksa selaku Camat Siak Tahun 2014-2017.

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum dan Humas Kejati Riau Bambang Heripurwanto, membenarkan pemeriksaan tersebut. Dikatakan dia, pemeriksaan keduanya dilakukan Tim Jaksa Penyidik pada Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Riau.

"Iya, benar. Hari ini ada pemeriksaan saksi-saksi dalam perkara dugaan korupsi dana bantuan sosial fakir miskin dan anak-anak cacat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2014-2019," ujar Bambang, Senin (20/6).

Baca Juga: Kasi Kesejahteraan Sosial Kandis Diperiksa dalam Perkara Korupsi Bansos Fakir Miskin dan Anak Cacat

Ada 6 orang saksi yang diperiksa. Di antaranya, Wan Syaiful Efendi selaku Camat Siak Tahun 2014-2017. Dia diperiksa sebagai saksi terkait berapa penyaluran dana bansos kepada pihak penerima di Kecamatan Siak Tahun 2014-2017.

Lalu, Zulkifli selaku Camat Tualang Tahun 2013-2016 yang diperiksa terkait berapa penyaluran dana bansos kepada pihak penerima bansos di kecamatan tersebut. Saat ini, Zulkifli merupakan anggota DPRD Siak dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar).

Selain Wan Saiful dan Zulkifli, Jaksa juga periksa tiga orang lainnya. Mereka masing-masing berinisial S, N dan S selaku Kadus Benayah, serta M selaku Kadus Perincit.

"Empat nama terakhir diperiksa saksi terkait berapa penyaluran dana bansos kepada pihak penerima di dusun masing-masing," jelas Bambang.

Pemeriksaan para saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar, lihat dan alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang suatu tindak pidana. Selain itu, pemeriksaan para saksi bertujuan untuk mengumpulkan alat bukti dan untuk memperkuat pembuktian dalam perkara dugaan rasuah yang tengah diusut tersebut.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X