Usai Diperiksa, Buronan Perkara Korupsi Pembangunan Puskemas Pulau Burung Langsung Dibui

- Rabu, 15 Juni 2022 | 22:50 WIB
Kasi Pidsus Kejari Inhil Ade Maulana dan Tim Penyidik usai pemeriksaan Eby Suherly (Istimewa)
Kasi Pidsus Kejari Inhil Ade Maulana dan Tim Penyidik usai pemeriksaan Eby Suherly (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, INHIL - Eby Suherly telah dijebloskan ke penjara. Upaya paksa itu dilakukan Tim Jaksa Penyidik setelah melakukan pemeriksaan selama 4 jam terhadap tersangka perkara korupsi tersebut.

Eby merupakan salah satu tersangka dalam perkara dugaan korupsi pembangunan Puskesmas Pulau Burung pada Dinas Kesehatan (Diskes) Inhil Tahun Anggaran (TA) 2019. Dalam proyek tersebut, dia merupakan kontraktor pelaksana.

Dia sempat kabur dan menyandang status buron serta masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak 22 Maret 2022 kemarin. Tiga bulan berselang, dia akhirnya menyerahkan diri dengan mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Indragiri Hilir (Inhil).

"Dia menyerahkan diri setelah ditetapkan sebagai DPO," ujar Kepala Kejari (Kajari) Inhil Rini Triningsih melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Ade Maulana, Rabu (15/6) malam.

Baca Juga: PT Arara Abadi Diduga Serobot Kebun Masyarakat

Eby selanjutnya menjalani pemeriksaan dalam kapasitasnya sebagai tersangka. Setelah dilakukan pemeriksaan selama 4 jam, Penyidik langsung melakukan penahanan terhadap yang bersangkutan.

"Terhadap Tersangka Eby Suherly dilakukan penahanan pada tingkat penyidikan di Lapas Kelas IIA Tembilahan," sebut mantan Kasi Intelijen Kejari Rokan Hulu (Rohul) tersebut.

Selain Eby, ada tiga orang lainnya yang menyandang status tersangka. Mereka adalah Edi Chandra selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Hidayat selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), dan Hendra Danu selaku Konsultan Pengawas.

Berkas perkara tiga nama yang disebutkan terakhir telah dinyatakan lengkap atau P-21. Ketiganya beserta barang bukti juga telah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Proses tahap II itu dilakukan pada Kamis (2/6) kemarin. Di hari yang sama, ketiganya langsung dilakukan penahanan.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X