Hakim Vonis Pencuri Tandan Sawit Milik PT Inti Indosawit Subur 1 Tahun Penjara

- Rabu, 15 Juni 2022 | 19:57 WIB
Terdakwa Ahmad Suka Eli Zai
Terdakwa Ahmad Suka Eli Zai

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pelalawan menjatuhkan vonis 1 tahun penjara terhadap terdakwa Ahmad Suka Eli Zai. Dia dinyatakan bersalah melakukan pencurian tandan buah kelapa sawit milik PT Inti Indosawit Subur.

"Iya. Sudah putus," ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pelalawan Silpia Rosalina saat dikonfirmasi melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Fusthathul Amul Huzni, Rabu (15/6).

Berdasarkan fakta persidangan diketahui bahwa terdakwa Ahmad Suka Eli Zai awalnya disuruh oleh saksi Anto untuk membersihkan sebuah lahan yang dibatasi oleh sebuah parit gajah dengan kebun milik PT Inti Indosawit Subur. Melihat kondisi itu, keesokan harinya dia mengajak saksi Yafati Zai, Zega dan Halawa untuk melakukan pemanenan tanpa sepengetahuan pihak perusahaan.

Taanpa sepengetahuan saksi Anto pula, terdakwa menyuruh saksi Yafati Zai, Zega dan Halawa untuk menggunakan kendaraan milik saksi Anto yang sedang terparkir di ruko milik saksi Anto. Sesampainya di tempat tujuan, terdakwa meminta Saksi Yafati Zai, Zega dan Halawa untuk melakukan pemanenan serta melansir sawit. Ternyata perbuatan terdakwa tersebut diketahui oleh Sekuriti PT Inti Indosawit Subur.

Adapun barang bukti dalam perkara itu meliputi 35 tandan buah kelapa sawit dengan berat total 910 kg, 1 unit mobil merek Mitsubishi pick up Trada dengan Nomor Polisi BK 8263 EU, 1 buah egrek, 1 buah kapak, 1 buah tojok, dan uang tunai Rp2.867.410.

Oleh karena alat bukti yang dihadirkan dalam persidangan telah mencukupi unsur, majelis hakim pada PN Pelalawan menyatakan sependapat dengan tuntutan JPU, yakni dalam penerapan pasal.

"Yang bersangkutan dinyatakan bersalah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362 jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP," sebut FA Huzni.

"Majelis Hakim memutuskan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana dakwaan subsidair JPU dengan hukuman 1 tahun penjara," sambung Kasi Intel seraya mengatakan, JPU dalam perkara ini menuntut terdakwa dengan pidana selama 18 bulan kurungan.

Perkara tersebut juga telah berkekuatan hukum tetap. Hal itu setelah terdakwa dan JPU sepakat menerima putusan tersebut.

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB
X