Kakanwil BPN Riau Disebut Terima Rp1,2 Miliar terkait Perpanjangan Izin HGU PT Adimulia Agrolestari

- Rabu, 8 Juni 2022 | 05:49 WIB
Suasana sidang dugaan korupsi dengan terdakwa Bupati Kuansing Nonaktif, Andi Putra (Istimewa)
Suasana sidang dugaan korupsi dengan terdakwa Bupati Kuansing Nonaktif, Andi Putra (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU -
Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Riau itu disebut mendapat uang senilai Rp1,2 miliar. Uang dalam bentuk pecahan dolar Singapura itu diberikan pihak PT Adimulia Agrolestari terkait perpanjangan izin Hak Guna Usaha perusahaan tersebut.

Hal itu disampaikan Sudarso kala menjadi saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk terdakwa Andi Putra, Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) nonaktif. Mantan General Manager PT AA itu hadir langsung di dalam ruang sidang Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Selasa (7/6).

Sudarno sendiri diketahui juga menjadi pesakitan dalam perkara ini dan telah dinyatakan bersalah oleh majelis hakim.

Saat memberikan keterangan, Sudarso kembali menyebutkan, Kepala Kanwil BPN Riau, M Syahrir turut menerima uang dari perusahaan sebesar Rp1,2 miliar. Pernyataan itu keluar dari mulutnya ketika menerangkan perihal aliran uang dari PT AA.

Baca Juga: Kadisbud Riau Raja Yoserizal Zen Buka Workshop Seni Taman Budaya

Sudarso juga menyebut M Syahril memiliki peran terkait pengurusan perpanjangan izin HGU PT AA di Kuansing. BPN Riau menggelar ekspos pra pengurusan izin, dan juga menyampaikan usulan bahwa perusahaan harus mendapat rekom dari Bupati Kuansing.

Kepada Sudarso, JPU KPK melayangkan pertanyaan apakah pernah bertemu dengan M Syahrir sebelum penyerahan uang tersebut. Dia mengaku, pernah beberapa kali berjumpa dengan Kakanwil BPN Riau tersebut.

Sudarso juga mengakui, bahwa perusahaannya di tempatnya berkerja ada menyerahkan sejumlah uang
kepada Syahrir atas permintaan yang bersangkutan.

"Rp1,2 miliar kalau gak salah dalam mata uang dollar Singapura. Itu atas permintaan Syahrir," sebut Sudarso di hadapan majelis hakim yang diketuai Dahlan.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Diperiksa, Pemilik PT Duta Palma Group Sakit

Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:37 WIB
X