Jalani Sidang Perdana, Mantan Lurah Tirta Siak Didakwa Terima Suap dalam Pengurusan Surat Tanah

- Selasa, 7 Juni 2022 | 17:09 WIB
Mantan Lurah Tirta Siak, Aris Nardi Jalani Sidang Perdana (Dodi/HRC)
Mantan Lurah Tirta Siak, Aris Nardi Jalani Sidang Perdana (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Aris Nardi menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru. Dia didakwa menerima hadiah atau janji terkait kewenangannya selaku Lurah Tirta Siak dalam pengurusan surat tanah.

"Sidang dengan agenda pembacaan surat dakwaan dengan terdakwa Aris Nardi berlangsung secara offline, Senin kemarin. Surat dakwaan dibacakan oleh Jaksa Wirman Jhoni Laflie," ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pekanbaru Teguh Wibowo melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Lasargi Marel, Selasa (7/6).

Dalam perkara itu, Aris Nardi tidak dilakukan penahanan. Saat sidang, yang bersangkutan langsung hadir dengan mengenakan baju batik berwarna hitam, dengan celana dengan warna yang sama.

Aris dengan seksama mendengarkan dakwaan Jaksa. Atas dakwaan itu, dia mengaku mengerti dan tidak menyatakan keberatan.

"Terdakwa tidak mengajukan eksepsi, dan sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi," pungkas Jaksa yang akrab disapa Marel.

Perkara ini sebelumnya ditangani Penyidik Unit Tipikor pada Satreskrim Kepolisian Resor Kota Pekanbaru (Polresta) Pekanbaru. Aris Nardi ditangkap pada Rabu, 22 September 2021 lalu. Sebelum ditangkap, polisi lebih dulu mengamankan orang kepercayaan sang lurah yang bertugas mengambil uang dari masyarakat. Orang kepercayaannya itu diketahui bernama Junaida alias Cece.

Baca Juga: P-21, Perkara Mantan Lurah Tirta Siak Segera Tahap II

Pengungkapan ini diduga terkait dengan masalah pengurusan tanah.

Salah seorang korban mengaku bahwa dirinya dimintai uang sejumlah Rp5 juta untuk pengurusan Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) tanah. Namun ia hanya menyanggupi Rp3,5 juta.

Korban yang diketahui bernama Juli Pranata lantas membuat janji dengan Junaida, yang bertugas untuk mengambil uang dari korban. Namun tiba-tiba, aparat kepolisian datang dan menangkap orang kepercayaan Aris Nardi itu. Setelah itu, baru polisi menangkap oknum lurah tersebut.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB

Polri Resmi Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka

Rabu, 3 Agustus 2022 | 23:59 WIB
X