Gugatan Asri Auzar Dkk terhadap DPP Partai Demokrat Masuk Ranah Sengketa Partai Politik

- Senin, 6 Juni 2022 | 17:42 WIB
Susana sidang gugatan Asri Auzar Dkk vs DPP Partai Demokrat (Dodi/HRC)
Susana sidang gugatan Asri Auzar Dkk vs DPP Partai Demokrat (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat digugat oleh sejumlah mantan kadernya yang berada di Provinsi Riau, ke Pengadilan Negeri Pekanbaru. Gugatan yang sebelumnya berupa perbuatan melawan hukum, selanjutnya akan diselesaikan melalui mekanisme sengketa partai politik.

Hal itu diketahui dari sidang kedua yang digelar di PN Pekanbaru, Senin (6/6). Sidang tersebut dipimpin majelis hakim yang diketuai Andri Setiono dan masing-masing pihak diwakili Tim Kuasa Hukumnya.

Sidang sempat dibuka dan terbuka untuk umum. Selanjutnya, majelis hakim berdiskusi untuk memastikan persoalan tersebut masuk ke ranah apa.

Usai persidangan, Kuasa Hukum dari Penggugat menyampaikan, bahwa pihaknya sebelumnya mengajukan gugatan berupa perbuatan melawan hukum.

"Tetapi setelah didiskusikan majelis hakim, ternyata ini masuk ke ranah sengeketa partai politik," ujar Supriadi Bone dari pihak Penggugat.

Dimana pihak Penggugat dalam perkara ini adalah Asri Auzar, Aherson, Lazwardi Kasmir, Abdul Khair, Wuwung Ahmadi dan Kamaruzaman. Semuanya merupakan mantan kader partai berlambang Mercy itu.

Dalam sengketa partai politik, kata Supriadi, penyelesaiannya 60 hari sejak masuk gugatan. Dimana gugatan tersebut diketahui masuk ke PN Pekanbaru pada 15 April 2022 kemarin.

"Berarti di bulan Juni ini harus selesai," lanjut Supriadi.

"Tadi kita sudah sepakati jadwal itu setiap hari (sidang)," sambungnya.

Baca Juga: Jadi Kota Pertama yang Dikunjungi, Demokrat Dumai Ditargetkan 10 Kursi

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X