Gunakan Plat Nomor Putih, Satlantas Polresta Pekanbaru Tilang 8 Kendaraan

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:46 WIB
Personel Satlantas Polresta Pekanbaru menindak salah satu kendaraan yang menggunakan plat nomor polisi warna putih. (Akmal)
Personel Satlantas Polresta Pekanbaru menindak salah satu kendaraan yang menggunakan plat nomor polisi warna putih. (Akmal)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru gencar menertibkan kendaraan yang menggunakan plat nomor polisi warna putih.

Dalam giat yang telah berlangsung beberapa hari lalu membuahkan hasil, beberapa kendaraan roda empat yang kedapatan langsung dilakukan tindak penilangan (tilang).

"Sampai dengan hari ini ada 8 kendaraan," jawab apolresta Pekanbaru Kombed Pol Pria Budi melalui Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Angga Wahyu Prihantoro, Sabtu (21/5).

Sejauh ini penggunaan plat nomor polisi warna putih tersebut belum diterapkan, maka sebab itu kendaraan yang menggunakannya menyalahi aturan lalulintas.

"Saat ini Korlantas Polri belum mengeluarkan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) putih tersebut, jika TNKB cetak sendiri atau tidak dikeluarkan oleh Polri tentunya TNKB tersebut bertentangan dengan pasal 68 ayat (4) UU RI No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan," papar Kompol Angga.

Dalam aturan tersebut menyebutkan bahwa TNKB harus memenuhi syarat, ukuran, bahan, warna dan cara pemasangannya.

"Tilang," jelas Angga saat ditanyai tindakan apa yang dilakukan terhadap kendaraan yang kedapatan menggunaan plat putih tersebut. (Mal)

Editor: Akmal

Terkini

X