Ungkap Sindikat Jaringan Internasional, BNNP Riau Amankan 3 Pelaku dan 9 Kg Sabu di Bengkalis

- Kamis, 28 April 2022 | 11:33 WIB
Tiga Tersangka terduga terlibat jaringan narkoba  (Dodi/HRC)
Tiga Tersangka terduga terlibat jaringan narkoba (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Tiga orang yang diduga jaringan narkoba internasional berhasil diamankan petugas dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau. Bersamanya, turut disita barang bukti berupa 9 kilogram narkotika jenis sabu.

Pengungkapan itu dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat. Selanjutnya petugas dari BNNP Riau melakukan penyelidikan terhadap informasi tersebut.

BNNP berikutnya menggandeng tim dari Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Riau, dan KPPBC TMP C Bengkalis. Mereka kemudian melakukan patroli via jalur laut Bengkalis selama dua hari dua, juga melalui jalur darat.

Dari hasil penyelidikan, didapatkan informasi bahwa terdapat jaringan peredaran narkotika jenis sabu dari Malaysia menggunakan jalur laut. Tim langsung bergerak cepat melakukan pengungkapan.

"Pada hari Senin (25/4) sekitar pukul 03.00 WIB, tim berhasil menangkap tersangka berinisial YH yang sedang duduk di depan rumahnya. Setelah diinterogasi YH mengatakan bahwa narkotika yang dibawa dari Malaysia disimpan di rumah E," ujar Kepala BNNP Riau, Brigjen Pol Robinson Siregar, Kamis (28/4).

Baca Juga: Dimediasi Kejaksaan, Sejumlah Perusahaan di Pelalawan Janji Lunasi Tunggakan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Atas informasi itu, tim melakukan penggeledahan di rumah E di Kecamatan Bantan, Bengkalis. Saat itu, pelaku E mengakui barang haram itu disimpan di belakang rumahnya di dalam tumpukan serabut kelapa yang dibungkus plastik warna biru yang di dalam terdapat 1 buah tas ransel warna hitam abu-Abu merek Camel Mountain, dimana di dalamnya terdapat 8 bungkus paket besar yang diduga sabu dengan berat bersih 7.972,16 gram.

Tidak cukup sampai di situ, tim melakukan pengembangan dan melakukan penangkapan terhadap pelaku lainnya, berinisial MR di rumahnya di kecamatan yang sama. Di sana, petugas mendapatkan barang bukti berupa 1 bungkus plastik asoy warna hitam yang dalamnya berisikan 1 bungkus besar diduga sabu yang dibungkus dengan plastik teh cina merek Guan Yin Wang dengan jumlah berat bruto 955,48 gram atau berat bersih 918,37 gram.

"Total jumlah berat bruto barang bukti narkotika jenis sabu dari 3 orang tersangka sebanyak 9.546,52 gram, dengan berat bersih 8.890,53 gram," lanjut Brigjen Pol Robinson.

Dari hasil interogasi terhadap ketiga tersangka, narkotika jenis sabu tersebut diperoleh dari seseorang yang berinisial MI yang merupakan bos mereka.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X