Berkas Perkara Telah di Pengadilan, Oknum Aktivis Ini Segera Disidang

- Selasa, 12 April 2022 | 14:42 WIB
Proses tahap II dugaan pencemaran nama baik dengan tersangka Cep Permana Galih di Kantor Kejari Pekanbaru (Dodi/HRC)
Proses tahap II dugaan pencemaran nama baik dengan tersangka Cep Permana Galih di Kantor Kejari Pekanbaru (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Tak lama lagi, Cep Permana Galih akan menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Pekanbaru. Hal itu seiring dengan telah dilimpahkannya berkas perkara oknum aktivis tersebut ke pengadilan.

Cep Permana adalah tersangka dugaan tindak pidana pencemaran nama baik. Status itu disandangnya setelah memimpin aksi unjuk rasa pada 2019 lalu.

Perkara tersebut sebelumnya ditangani Penyidik pada Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Riau. Setelah melakukan serangkaian proses penyidikan, perkara tersebut dinyatakan lengkap atau P-21.

Penyidik kemudian melimpahkan penanganan perkara ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Tahap II itu dilakukan pada Kamis (24/3) petang.

Saat itu, Jaksa turut menerima sejumlah barang bukti dari penyidik kepolisian. Di antaranya, satu buah flashdisk yang berisikan foto-foto, spanduk demo dan video ketika berorasi saat Cep memimpin aksi demonstrasi. Cep sendiri tidak dilakukan penahanan.

Tim JPU kemudian menyiapkan berkas perkara, dan melimpahkannya ke pengadilan. "Udah limpah," ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pekanbaru, Teguh Wibowo saat dikonfirmasi melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Zulham Pardamean Pane, Selasa (12/4).

Baca Juga: Safari Ramadhan di Siak, Gubri Ajak Masyarakat Kembangkan Ekonomi Syariah 

Pelimpahan berkas perkara itu dilakukan pada pekan kemarin. Selanjutnya, tim JPU menunggu penetapan majelis hakim yang akan memeriksa dan mengadili perkara tersebut, maupun jadwal sidang perdana.

"Sudah dilimpahkan ke pengadilan pada minggu kemarin," kata salah seorang anggota Tim JPU, Syafril menambahkan.

"Untuk penetapan, belum saya terima. Mungkin dalam minggu ini telah keluar," sambung Jaksa senior pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau itu.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X