Amankan Aksi 11 April di DPRD Riau, 1.161 Personel Gabungan Disiagakan

- Minggu, 10 April 2022 | 21:32 WIB
Pasukan gabungan disiagakan untuk mengamankan aksi 11 April di Riau
Pasukan gabungan disiagakan untuk mengamankan aksi 11 April di Riau

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Sebanyak 1.161 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa di Kantor DPRD Provinsi Riau, Senin (11/4). Dengan begitu diharapkan jalannya aksi penyampaian pendapat tersebut dapat berjalan aman dan kondusif.

Guna memastikan kesiapan seluruh seluruh personel, dilakukan apel gelar pasukan dan perlengkapan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Mapolda Riau, Minggu (10/4) pagi.

Untuk pengamanan unjuk rasa yang digalang Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Riau itu, setidaknya ada 476 personel Polresta Pekanbaru, 535 personel Polda Riau, 60 personel TNI, dan 90 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP yang akan diturunkan. Mereka menyatakan kesiapannya untuk melakukan pengamanan.

"Tadi pagi sudah dilakukan apel kesiapan pam (pengamanan,red) unras (unjuk rasa, red) di Mapolda Riau. Ada 1.161 personel yang disiagakan, Polda Riau backup Polresta," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Minggu malam.

Agar jalannya aksi berjalan aman dan lancar, Sunarto berharap semua pihak bersama-sama menjaga situasi kondusif, dan tidak terpancing hal-hal yang bisa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Kita harapkan dan kita minta, untuk seluruh mahasiswa yang ikut unras, untuk tertib dalam menyampaikan aspirasi," lanjut Sunarto.

"Begitu pula petugas yang melakukan pengamanan, agar bisa mengawal dan mengamankan adik-adik mahasiswa, antisipasi adanya pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencoba mengambil kesempatan, dan memancing situasi saat mahasiswa melakukan unras," sambungnya.

Lebih lanjut, Sunarto berpesan agar para para penyampai aspirasi untuk juga menghormati hak orang lain. "Hormati hak orang lain. Contohnya, penggunaan jalan raya dan masyarakat umum jangan sampai terganggu aktifitasnya," pinta perwira menengah Polri yang akrab disapa Narto.

Narto juga mengingatkan, kepada para mahasiswa dan semua pihak yang terlibat dalam aksi unjuk rasa agar tetap memperhatikan protokol kesehatan. Karena saat ini masih pada masa pandemi Covid-19.

"Jangan lupa juga untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Pakai masker, bawa hand sanitizer. Karena ini bulan suci Ramadan, saya mengajak semua untuk tetap menjaga iman dan taqwa kita kepada Allah yang Maha Esa, dan saling menghormati antar sesama," pungkas Sunarto.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB

Polri Resmi Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka

Rabu, 3 Agustus 2022 | 23:59 WIB
X