Susun Memori Kasasi, Tim JPU Harap Mahkamah Agung Hukum Syafri Harto

- Rabu, 6 April 2022 | 17:36 WIB
Sidang putusan sela di Pengadilan Negeri Pekanbaru dengan terdakwa Dekan Fisip Unri non aktif, Syafri Harto
Sidang putusan sela di Pengadilan Negeri Pekanbaru dengan terdakwa Dekan Fisip Unri non aktif, Syafri Harto

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Jaksa Penuntut Umum tengah menyusun memori kasasi perkara dugaan pencabulan dengan terdakwa Syafri Harto, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau nonaktif. Dalam waktu dekat, memori kasasi tersebut akan diserahkan ke Pengadilan Negeri Pekanbaru untuk selanjutnya diteruskan ke Mahkamah Agung RI.

Syafri Harto divonis bebas atas perkara dugaan pencabulan terhadap seorang mahasiswinya berinisial LM alias Manda. Hakim menyatakan, tidak cukup bukti untuk menjerat Syafri Harto dalam perkara tersebut.

Demikian terungkap di persidangan yang digelar secara virtual di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Rabu (30/3) kemarin. Adapun agenda sidang adalah pembacaan putusan oleh majelis hakim yang diketuai Estiono.

Sidang tersebut digelar di Ruang Sidang Prof Oemar Seno Adji PN Pekanbaru. Berbeda dengan sebelumnya, sidang kali ini digelar secara terbuka untuk umum dan terbatas.

Baca Juga: Kajari Silpia Rosalina Serahkan SKP2, Proses Penuntutan Perkara Lalu Lintas di Pelalawan Dihentikan

Dalam putusannya, majelis hakim menyatakan terdakwa Syafri Harto tidak terbukti secara sah melakukan tindak pidana sesuai dakwaan primair dan subsidair. Atas hal itu, hakim meminta Syafri Harto segera dibebaskan dari tahanan. Termasuk memulihkan nama baiknya akibat kasus tersebut.

Atas putusan tersebut, Jaksa menyatakan menolak. Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) kemudian menyatakan kasasi.

"Kalau menyatakan kasasi, sudah (disampaikan) pada tanggal 4 April 2022 kemarin," ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pekanbaru Teguh Wibowo saat dikonfirmasi melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Zulham Pardamean Pane, Rabu (6/4).

Diakui Zulham, Tim JPU telah menerima salinan putusan lengkap dari pengadilan. Putusan tersebut dipelajari oleh tim JPU, guna menjadi bahan dalam menyusun memori kasasi.

Lanjut Zulham, pihaknya berupaya merampungkan memori kasasi secepatnya. Sehingga dalam waktu dekat, bisa diserahkan kepada pengadilan untuk proses selanjutnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB

Polri Resmi Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka

Rabu, 3 Agustus 2022 | 23:59 WIB
X