Dua Mantan Direktur RSUD Rokan Hulu Dituntut 20 Bulan Bui

- Selasa, 29 Maret 2022 | 17:09 WIB
JPU membacakan tuntutan untuk 4 terdakwa dugaan korupsi pengadaan oksigen dan gas pada BLUD RSUD Rohul tahun 2018-2019, di Pengadilan Tipikor Pekanbaru (Istimewa)
JPU membacakan tuntutan untuk 4 terdakwa dugaan korupsi pengadaan oksigen dan gas pada BLUD RSUD Rohul tahun 2018-2019, di Pengadilan Tipikor Pekanbaru (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Faisal Harahap dan Novil Raykel dituntut 20 bulan penjara. Dua orang mantan Direktur RSUD Rokan Hulu itu dinilai bersalah melakukan korupsi pengadaan oksigen dan gas pada BLUD rumah sakit tersebut tahun 2018-2019.

Tuntutan pidana itu dibacakan Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Senin (28/3) kemarin. Sidang yang dipimpin majelis hakim yang diketuai Dahlan itu digelar secara virtual.

Faisal Harahap merupakan Direktur RSUD Rohul tahun 2017 kemarin. Sementara Novil Raykel menduduki jabatan yang sama pada tahun selanjutnya.

Terhadap keduanya dinyatakan bersalah melanggar Pasal 3 Undang-undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca Juga: Akhiri Masa Tugas Sebagai Kepala PLN ULP Tembilahan, Moh Hosen Gencar Lakukan Silahturahmi

"Terdakwa Faisal Harahap dan Novil Raykel dituntut pidana penjara selama 1 tahun dan 8 bulan," ujar Kepala Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rohul, Pri Wijeksono saat dikonfirmasi melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Ari Supandi, Selasa (29/3).

Keduanya, kata Ari, juga dituntut denda sebesar Rp100 juta subsidair 3 bulan kurungan.

Selain mereka, perkara tersebut juga menjerat dua pesakitan lainnya, yaitu Suratno dan Adios Sucipto. Keduanya masing-masing Direktur PT Bintang Bumi Sumatera (BBS) dan Direktur CV Sinar Bintang Gasindo (SBG).

Terhadap keduanya, juga dituntut dengan pasal yang sama. Hanya saja, Suratno dan Adios dituntut lebih tinggi dibandingkan dua terdakwa sebelumnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB

Polri Resmi Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka

Rabu, 3 Agustus 2022 | 23:59 WIB
X